5 Situs Tepercaya Pantau Penyebaran Virus Corona



JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Wabah Virus Corona yang berasal dari Wuhan, Cina, telah menewaskan lebih dari seribu orang dan telah menginfeksi lebih dari 60.000 orang di seluruh dunia. 

Pada 30 Januari lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) secara resmi menyatakan wabah ini sebagai darurat kesehatan global. Ketika virus semakin menyebar, banyak orang mulai panik. Para ahli menciptakan beberapa situs yang dapat melacak penyebaran Virus Corona secara real time. 

Beberapa situs ini menggunakan data milik WHO dan Pusat Pengendalian Penyakit untuk melacak wabah dan pemulihan. Dilansir dari Science Alert, berikut ini lima situs online tepercaya untuk melacak penyebaran Virus Corona:

1. Peta pelacakan Johns Hopkins CSSE Situs online ini milik Johns Hopkins yang menggunakan data CDC dan WHO untuk melacak wabah secara real time. Tampilan situs ini pun dapat dipahami dengan mudah melalui tampilan yang gelap. 

Pada bagian kanan menampilkan jumlah orang yang telah meninggal akibat Virus Corona, di sebelahnya terdapat jumlah orang yang berhasil sembuh dari virus tersebut. Tak hanya itu, pada bagian bawah masing-masing angka, ditampilkan lagi jumlah orang dan wilayahnya secara spesifik.

Sementara pada bagian tengah situs, ditampilkan peta dunia penyebaran virus dengan titik-titik berwarna merah. Sedangkan di bagian kiri terdapat jumlah kasus Virus Corona secara total di seluruh dunia. 

2. 
Health Map Peta daring ini juga dapat melacak wabah Virus Corona menggunakan teknologi AI untuk memilah unggahan di situs berita dan media sosial untuk membuat peta penyebaran.

Situs melacak penyebaran Virus Corona, Health Map. (Health Map) Pengguna dapat mengklik titik tersebut di wilayah yang diinginkan dan akan muncul daftar berita apa saja yang terkait Virus Corona di wilayah itu. Tak hanya itu, pada bagian atas situs, pengguna juga dapat melakukan pengaturan kustomisasi, seperti memilih lokasi yang lebih spesifik dan tanggal. Melalui situs ini, pengguna juga dapat menambahkan sendiri peringatan Virus Corona di suatu wilayah dengan menambahkan URL berita yang tepercaya. 

3. Coronavirus app Aplikasi ini merupakan kerja sama buatan ekspatriat Prancis di Taiwain yang menampilkan rincian infeksi, jumlah kematian, dan pemulihan menurut wilayah. Situs melacak penyebaran Virus Corona, Coronavirus app. (Coronavirus app) AYO BACA : Wisawatan Wuhan Positif Corona Kunjungi Bali pada Januari Lalu Pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi ini dan hanya perlu mengaksesnya seperti situs. Tampilannya berupa peta dunia dengan bagian kanan menunjukkan total jumlah orang yang terinfeksi, jumlah orang yang meninggal, dan jumlah orang yang sembuh. Tak hanya itu, di bagian bawah pengguna juga dapat memasukkan wilayah secara rinci untuk melihat jumlah korban dan orang yang selamat dari Virus Corona.

 4. Baidu map Situs melacak penyebaran Virus Corona, Baidu map. (Google Play Store) Mesin pencari milik Cina, Baidu, telah menciptakan peta khusus untuk pelacakan Virus Corona yang menunjukkan lokasi secara real time dari kasus yang dikonfirmasi dan berstatus diduga. Pengguna dapat mengunduhnya secara gratis di Google Play Store dengan kata kunci. Sayangnya, aplikasi ini sepenuhnya menggunakan bahasa Cina.

 5. Pemeriksa penerbangan dan kereta api Cina Sebuah perusahaan cybersecurity Cina menciptakan alat yang bisa digunakan bagi pengguna yang berada di Cina. Aplikasi ini memungkinkan pengguna memasukkan nomor penerbangan atau kereta untuk melihat apakah mereka telah bepergian dengan orang yang terinfeksi dengan Virus Corona. Pemeriksa penerbangan dan kereta api Cina. (360) Alat ini tersedia di 360 products. Sayangnya, semuanya ditampilkan dalam bahasa Cina sehingga tidak bisa digunakan oleh pengguna global.

Comments