Keamanan Siber Telah Menjadi Isu Prioritas dan Strategis Seluruh Negara




  JURNAL MEDAN - Deputi Bidang Proteksi Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Akhmad Thoha mengatakan keamanan siber (cyber security) telah menjadi isu strategis di berbagai negara, termasuk Indonesia.


Ruang siber Indonesia yang luas, multi dimensi dan multi sektor, serta ancaman serangan yang terus meningkat, membutuhkan perhatian semua pihak.


Salah satu tantangan terbesar dalam mewujudkan keamanan siber adalah kompleksitas lanskap yang disebabkan oleh jenis penyerang, dampak yang ditimbulkan serangan, serta target serangan yang sangat beragam di ruang siber.

"Di era digital saat ini, masyarakat memerlukan pengetahuan yang cukup terkait manfaat maupun kerentanan yang ada di ruang siber," kata Akhmad Thoha di acara diskusi nasional secara virtual CyberHub Festival 2021 yang berlangsung tanggal 18 - 29 Januari 2021.


BSSN, kata dia, sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan yang melakukan literasi dan edukasi kepada masyarakat dan komunitas.


President Cloud and AI Business Group Huawei Indonesia, Jason Zhang, mengatakan Huawei berkomitmen untuk mengintegrasikan kepatuhan keamanan siber sebagai bagian integral dari bisnis dan layanan.


Huawei, kata dia, telah mengikuti assessment yang diterapkan BSSN, seiring dengan upaya BSSN untuk membangun keamanan siber nasional yang lebih tangguh.Selain itu, upaya Huawei selama ini termasuk melakukan alih pengetahuan serta teknologi dan capacity building yang berkolaborasi dengan BSSN sejak tahun lalu.


"Kami percaya dalam waktu dekat ketahanan keamanan siber akan menjadi praktik standar keamanan informasi keamanan yang diwajibkan bagi semua perusahaan dan organisasi di Indonesia untuk memastikan keamanan penyimpanan data pelanggan," ujar Zhang.


Tahun ini CyberHub Fest 2021 diselenggarakan Direktorat Proteksi Ekonomi Digital BSSN, Asosiasi Cloud Computing Indonesia (ACCI), Huawei Indonesia, didukung pemangku kepentingan keamanan siber sebagai bentuk kolaborasi bersama.


Fokus diskusi nasional tahun ini adalah Cloud dan Keamanan Siber untuk Infrastruktur Kritikal Nasional (IKN). 

Sumber : https://jurnalmedan.pikiran-rakyat.com/tekno/pr-1491349912/keamanan-siber-telah-menjadi-isu-prioritas-dan-strategis-seluruh-negara?page=2



Mari lihat dan pelajari SMART MANUFACTURING dengan solusi ADVANTECH 04 Feb 2021 - segera daftar di EVENTCERDAS.COM / https://s.id/eventcerdas4feb #aptiknas #eventcerdas #smartmanufacturing #smartfactory #advantech

Comments