Pengertian Cyber Security dan Contohnya





 LancangKuning - Pengertian Cyber Security, Cyber security merupakan suatu keamanan untuk melindungi informasi dari adanya Cyber Attack. Cyber Attack biasa disebut dengan serangan dalam operasi informasi y

aitu semua jenis Tindakan yang sengaja dilakukan untuk mengganggu sebuah rahasia, seperti: keamanan jaringan yang membatasi akses terhadap informasi, suatu kepribadian seseorang yang bertindak secara konsisten dan availability (kesiapan) informasi. Tindakan ini dapat mengganggu secara fisik maupun dari alur logis dalam system informasi.


Bisa disimpulkan dengan cyber bahwa dapat menyebabkan gangguan yang dapat mempengaruhi serta merusak perusahaan yang paling Tangguh. Jika perusahaan yang sudah terkena pengaruhnya maka akan kehilangan seluruh aset-aset penting dan banyaknya denda yang dihadapi. Maka dari itu lah adanya Cyber security sebagai solusinya.


Elemen-elemen pokok di dalam Cyber Security

Di dalam keamanan Cyber tersebut tidak hanya memiliki satu elemen saja, walaupun fokus utamanya adalah menjaga keamanan jaringan dan sistem dari serangan yang sangat membahayakan berikut ada beberapa elemen yang dapat diketahui :

Dokumen security policy adalah dokumen biasa yang dijadikan acuan dalam mengelola seluruh proses yang diamankan dari keamanan informasi tersebut.

Information infrastructure yaitu media menjalankan kelangsungan pengoperasian system informasi yang meliputi hardware dan software.

Perimeter Defense yaitu media yang berkomponen sebagai pertahanan pada infrastructure informasi.

System information and event management merupakan media dalam memonitorkan berbagai macam kejadian di jaringan termasuk kejadian yang terkait pada insiden keamanan.

Network Security assessment yakni elemen cyber security yang sebagai mekanisme control serta memberikan level keamanan informasi

Human resource dan security awareness yang berkaitan dengan sumber daya manusia dan keamanan pada informasi.


Tugas Praktisi Cyber Secutity

Saat menjalankan sebuah keamanan data dalam dunia telematika banyak tugas-tugas penting dari praktisi cyber security yang saling berhubungan serta bekerja sama suapaya menjadi data-data yang ada. Berikut ada 3 tugas utama yang harus praktisi.

1.Menganalisis keamanan, orang yang menganalisis dalam memetakan potensi keamanan cyber chrime, setelah itu akan memberikan masuk untuk melakukan pengecekan yang berguna untuk menyelesaikan ancaman tersebut.

2.Spesialis forensik, sebagai yang menyelidiki pasca potensi adanya kebocoran keamanan yang baru saja terjadi. Seorang spesialis harus memiliki kemampuan teknis yang sangat kuat agar bisa mencari dan memetakan jejak-jejakyang tinggalkan oleh pelaku serta agar bisa melacak dan menemukan pelaku.

3.Hacker, tugas yang ini untuk meretas, Hacker merupakan merupakan istilah yang diberikan diberikan kepada orang-orang yang memiliki kemampuan dalam melakukan Tindakan eksploitasi terhadap system telematika dengan melakukan berbagai cara.

Manfaat Cyber Security

- Memastikan sebuah bisnis aman

- Melindungi informasi pribadi

- Meningkatkan produktivitas

- Mengantisipasi agar situs website tidak Down

Ada beberapa peran penting Cyber security dalam perusahaan

- Dapat melindungi dari maleware, phising dan social engineering

- Dapat melindungi data yang ada serta jaringan yang digunakan

- Dapat mempercepat perbaikan setelah adanya usaha antar cyber ke dalam system dan jaringan

- Dapat melindungi para user-end

Tips perlindungan dan contoh pada cyber security

Critical infrastructure Security

Tips yang pertama ini yakni security yang terdiri dari system cyber fisik yang sangat banyak digunakan dalam masyarakat modern. Contoh umum infrastruktur kritis yakni, jaringan listrik, pengolahan air, lampu lalu lintas, pusat pembelanjaan dan rumah sakit.


Aplikasi sangat mudah diakses melalui jaringan, sehingga bisa mengambil Langkah-langkah keamanan selama fase pengembangan menjadi fase proyek penting. Jenis keamanan untuk aplikasi malalui program anti-Virus serta program enkripsi.

Network Security

Keamanan cyber ini terkait dengan ancaman external, keamanan jaringan sangat diperlukan untuk mencegah akses yang tidak sah ataupun tidak resmi ke jaringan internal. Untuk memproses pemantauan keamanan jaringan yang lebih baik, tim keamanan sedang menggunakan pembelajaran mesin untuk menandai lalu lintas yang sedang tidak normal dan mengingatkan akan menjalankan ancaman secara langsung.

Internet of things Security

Internet of things terkait pada bagian system IT fisik yang kritis dan non-kritis semacam perangkat, sensor, televisi, router wifi, printer dan kamera keamanan. Sistem internet of things merupakan teknologi utama. Perangkat internet of things sangat sering sekali dikirim dalam kondisi rentan serta menawarkan beberapa fitur keamanan.(Riski)

Sumber : https://lancangkuning.com/post/30473/pengertian-cyber-security-dan-contohnya.html



Mari lihat dan pelajari SMART MANUFACTURING dengan solusi ADVANTECH 04 Feb 2021 - segera daftar di EVENTCERDAS.COM / https://s.id/eventcerdas4feb #aptiknas #eventcerdas #smartmanufacturing #smartfactory #advantech

Comments