Huawei Lansir 10 Tren Utama tentang Fasilitas Pusat Data pada 2024




 Shenzhen, China, (ANTARA/PRNewswire) - Huawei baru saja menggelar konferensi "Top 10 Trends of Data Center Facility in 2024" (10 Tren Utama tentang Fasilitas Pusat Data pada 2024) dan meluncurkan Laporan Resmi (White Paper) terkait. Di konferensi ini, Yao Quan, President, Huawei Data Center Facility Domain, mendefinisikan tiga karakteristik pusat data masa depan: reliabel, simpel, dan berkelanjutan.


Tren 1: Produk yang Sangat Reliabel dan Layanan Profesional Sangat Vital dalam Menjamin Kegiatan Operasional Pusat Data yang Aman dan Andal

Konsep "full-chain safety" harus diterapkan dalam seluruh proses desain dan manufaktur produk. Dengan menyediakan layanan implementasi serta O&M yang profesional, kita dapat mengurangi insiden kerusakan produk, meminimalkan dampak pascabencana, serta meningkatkan mekanisme end-to-end assurance.

Tren 2: Arsitektur Sistem Pendingin yang Terdistribusikan (Distributed Cooling) akan Menjadi Pilihan yang Lebih Baik dalam Menjamin Keamanan Sistem Pendingin

Berbeda dari arsitektur sistem pendingin terpusat, arsitektur sistem pendingin yang terdistribusikan lebih fleksibel, sebab subsistem saling beroperasi secara independen, dan kerusakan pada satu perangkat tidak berdampak pada kegiatan operasional perangkat lain.

Tren 3: Fitur Predictive Maintenance akan Menjadi Fitur Dasar pada Infrastruktur Pusat Data

Kegiatan pemeliharaan pusat data biasanya dilakukan setelah sebuah insiden terjadi. Namun, setelah kehadiran era komputasi pintar (intelligent computing), metode tersebut akan digantikan aktivitas pemeliharaan sebelum sebuah insiden terjadi. Maka, usia pakai komponen yang rentan, thermal runway pada perangkat, kebocoran sistem pendingin dapat diprediksi demi mencegah insiden.

Tren 4: Sistem Lifecycle Network Security Protection akan Berfungsi sebagai Pelindung Fasilitas Pusat Data

Setelah teknologi digital dan pintar terus berkembang, serangan terhadap jaringan semakin sering timbul. Maka, sistem keamanan perangkat lunak harus dirancang menurut sistem proteksi keamanan jaringan dari tiga dimensi: keamanan suplai, pertahanan mendalam, serta keamanan O&M/operasional.

Tren 5: Solusi Prafabrikasi dan Modular akan Menjadi Pilihan Terbaik untuk Ketersediaan Bermutu Tinggi dan Cepat

Dibandingkan konstruksi biasa, solusi prafabrikasi dan modular dapat dibangun di lokasi pusat data dalam waktu lebih singkat, bahkan kualitasnya pun lebih tinggi. Hal tersebut menjamin ketersediaan bermutu tinggi dan mempercepat peluncuran layanan sekaligus mengurangi sampah dari instalasi yang dilakukan di lokasi pusat data.

Tren 6: Platform Manajemen Profesional Menghadirkan O&M Pusat Data yang Lebih Aman dan Efisien

Tren pusat data berkembang pesat. Dampaknya, kompleksitas O&G turut meningkat drastis. Platform manajemen profesional secara signifikan mengoptimalkan efisiensi dan akurasi O&M pusat data.

Tren 7: Konvergensi Sistem Pendingin Berbasiskan Udara dan Zat Cair Menjadi Arsitektur yang dapat Dipilih di tengah Skenario Standar Layanan yang Tidak Menentu

Industri tengah beralih dari komputasi yang bersifat umum (general-purpose computing) menuju komputasi pintar. Skenario penggunaan yang didukung komputasi yang bersifat umum dan komputasi pintar dapat ditemui di sebuah pusat data. Maka, konvergensi sistem pendingin berbasiskan udara dan zat cair akan menjadi arsitektur yang dapat dipilih. Di sisi lain, sistem pendingin berbasiskan udara dan zat cair dapat diatur secara fleksibel menurut kebutuhan yang berbeda-beda.

Tren 8: Sistem Pendingin Tipe Indirect Evaporative Tetap Menjadi Skema Refrigerasi Terbaik pada Saat Ini dan Masa Mendatang

Mempertimbangkan sumber sistem pendingin, sistem pendingin tipe indirect evaporative lebih unggul ketimbang sistem pendingin tipe chilled water dari sisi arsitektur, efisiensi, serta O&M. Arsitektur sistem pendingin terdistribusikan dari  sistem pendingin tipe indirect evaporative secara efektif mencegah kerusakan dari satu titik. Dengan memaksimalkan penggunaan sumber free cooling, hanya satu heat exchange yang dibutuhkan. Di wilayah bersuhu dingin, kompresor sering kali tidak bekerja aktif (dormant) sehingga PUE menjadi optimal.

Tren 9: Agar PUE Semakin Menurun, Fokus Harus Dialihkan dari Komponen Efisien Menjadi Optimalisasi System Engineering

Pusat data konvensional berfokus meningkatkan efisiensi peralatan. Meski demikian, akibat keterbatasan fisik, peningkatan efisiensi komponen segera menemui kendala. Untuk itu, fokus pada komponen yang efisien harus dialihkan menjadi optimalisasi system engineering, contohnya moda S-ECO. 

Tren 10: Optimalisasi Kecerdasan Buatan (AI) akan Menjadi Pilihan Terbaik untuk Intelligent Optimization dalam rangka Meningkatkan Efisiensi Energi pada Pusat Data yang Telah Terbangun

Berbeda dari metode biasa, solusi optimalisasi efisiensi energi berbasiskan kecerdasan buatan (AI) meningkatkan efisiensi energi pada pusat data yang telah terbangun dengan algoritma AI bawaan (preset) dan model big data. Lebih lagi, optimalisasi AI tidak bergantung pada keahlian staf, sebab memiliki fitur optimalisasi cepat dan efek terbaik.

Huawei akan terus menciptakan produk dan solusi pusat data yang reliabel, simpel, dan berkelanjutan agar klien dan mitra dapat membangun infrastruktur komputasi yang ramah lingkungan dan andal. Dengan demikian, setiap watt dapat menambah daya komputasi sebagai bagian dari upaya memajukan era digital.

Huawei Lansir 10 Tren Utama tentang Fasilitas Pusat Data pada 2024 Huawei Lansir 10 Tren Utama tentang Fasilitas Pusat Data pada 2024 Reviewed by zahrapkl on January 19, 2024 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.