Tujuh Tren Utama Industri Keamanan pada 2024




 Industri keamanan pada 2024 merupakan sektor menarik yang terus dicermati Hikvision. Sejalan dengan inovasi teknologi di sektor ini, serta upaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin berkembang, industri keamanan mengalami konvergensi teknologi canggih seperti Kecerdasan Buatan (AI), Internet of Things (IoT), dan big data. Inovasi tersebut menjadi basis bagi solusi keamanan yang lebih pintar, proaktif, serta prediktif. Solusi ini tidak hanya canggih, namun juga memenuhi kebutuhan pengguna akan teknologi yang mudah dipakai. (25 Januari 2024).


Hikvision membagikan tujuh tren utama yang diperkirakan berdampak signifikan bagi industri keamanan pada tahun ini.

1.  AI mempercepat augmentasi persepsi pada mesin

AI mempercepat transformasi industri keamanan dengan meningkatkan kemampuan persepsi mesin. Hal ini terwujud berkat integrasi cahaya yang terlihat, audio, sinar X, infra merah, serta teknologi lain.


Salah satu contohnya, teknologi Artificial Intelligence Image Signal Processing (AI-ISP) yang menghadirkan terobosan pencitraan video (video imaging) dan menyediakan visual bermutu tinggi dengan mengurangi gangguan gambar (noise reduction) secara pintar. AI-ISP menghasilkan tayangan yang lebih jernih dengan dynamic range yang lebar dan detail tajam, bahkan di tengah kondisi pencahayaan rendah. Dengan demikian, AI-ISP mengurangi ketergantungan terhadap pencahayaan tambahan sehingga menghasilkan respons situasional yang lebih efisien.  


 

2. Aplikasi yang berorientasi pada AI segera membuat terobosan di berbagai industri

Pada tahun lalu, sejumlah kemajuan dalam model AI berskala luas telah meningkatkan kemampuan untuk menafsirkan situasi kompleks dengan beragam data. Hikvision optimis bahwa kemajuan ini menghadirkan berbagai peluang untuk solusi AI yang dirancang khusus di berbagai sektor, termasuk manufaktur, energi, layanan kesehatan, dan pendidikan.



Berdasarkan platform terbuka dan algoritma canggih, arsitektur yang lebih simpel memperlancar penggunaan AI di sektor vertikal yang berbeda-beda. Hal ini membina kolaborasi dan menciptakan ekosistem inovatif untuk kemajuan teknologi.



3. Konvergensi cloud computing dan edge computing berjalan kian cepat

Konvergensi cloud computing dan edge computing menghadirkan layanan yang lebih cepat dan efisien. Hal ini menghasilkan solusi real-time dan pintar, seperti perimeter control yang lebih pintar, serta manajemen sistem keamanan berbasiskan cloud yang lebih mudah. 



Dengan demikian, kita memperoleh perangkat analisis yang semakin cepat dan sarana pengambilan keputusan yang lebih baik pada edge computing. Platform berbasiskan cloud juga menghemat investasi perangkat keras dan menawarkan opsi berskala luas bagi pelaku bisnis dari seluruh skala usaha dan anggaran, mengurangi biaya yang harus dikeluarkan pada tahap awal dan biaya yang telah dikeluarkan.



4. Teknologi digital twin berpotensi menghadirkan terobosan dalam manajemen bisnis

Digital twin adalah model virtual yang meniru skenario di dunia nyata secara real time. Setelah terintegrasi dengan AIoT, cloud computing, dan teknologi lain, digital twin menghasilkan analisis dinamis tentang tolok ukur kinerja, seperti keamanan, arus pengunjung, dan penggunaan energi.



Maka, kita memperoleh pengalaman imersif dengan visual yang tersinkronisasi sehingga meningkatkan efisiensi proses, mewujudkan aktivitas pemeliharaan secara proaktif, dan menghasilkan efisiensi biaya dan manajemen bisnis yang lebih baik.



5. Display technology, particularly LED, is advancing rapidly

The rapid adoption of COB (Chip-on-Board) technology is driving demand for small-pitch LEDs. Innovative LED solutions are also emerging that balance lower energy consumption with high resolution, promoting carbon neutrality, and supporting broader applications. Integrated video walls in command centers, for example, help us make smart decisions with intuitive views. Interactive displays and digital signage are acting as catalysts for digital transformation in education, business, and the hospitality sectors.



6. Keamanan autentikasi identitas digital berperan semakin penting dalam melindungi keamanan siber

Autentikasi identitas digital melibatkan proses verifikasi dan otorisasi identitas sehingga berperan penting dalam kebijakan keamanan siber. Aktor kriminal menjalankan sejumlah teknik seperti phishingmalware, dan social engineering untuk mencuri informasi dan identitas pribadi.



Demi melindungi identitas digital, pengguna dan perusahaan harus memakai kata kunci (password) yang baik, autentikasi multifaktor, menghindari penggunaan jaringan publik, memperbarui perangkat lunak secara tepat waktu, serta melindungi diri dari serangan social engineering.




7. Teknologi inovatif meningkatkan aspek keberlanjutan lingkungan hidup dan daya tahan terhadap perubahan iklim

Pemangku kepentingan di industri semakin sering menjalankan praktik kelestarian lingkungan demi menekan emisi karbon dan penggunaan sumber daya. Langkah ini mencakup pengiriman produk yang efisien, bahan kemasan yang berkelanjutan, serta utilisasi komponen yang terstandardisasi. 



Hikvision juga memperkirakan, teknologi inovatif semakin banyak dipakai guna meningkatkan daya tahan iklim. Dengan mengintegrasikan sensor lingkungan hidup dalam sistem keamanan, misalnya, kita dapat merespons bencana alam secara lebih baik, seperti banjir, kebakaran hutan, tanah longsor, dan salju longsor.


Sumber: https://www.kalbarnews.co.id/2024/01/tujuh-tren-utama-industri-keamanan-pada.html

Tujuh Tren Utama Industri Keamanan pada 2024 Tujuh Tren Utama Industri Keamanan pada 2024 Reviewed by zahrapkl on January 29, 2024 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.