3 Tips Keamanan Smartphone Terpenting Agar Tak Mudah Kebobolan

3 Tips Keamanan Smartphone Terpenting Agar Tak Mudah Kebobolan
Merdeka.com - Tak bisa dimungkiri bahwa smartphone adalah perangkat yang dimiliki semua orang saat ini. Harga yang semakin murah dan fitur semakin canggih dari masa ke masa membuat adopsi smartphone begitu cepat.
Namun, tidak jarang sebagian pengguna smartphone masih abai terhadap beberapa hal simpel. Padahal, hal-hal itu penting untuk diperhatikan.
Berikut ini 3 (tiga) hal yang penting Anda ingat untuk pemakaian harian smartphone. Melansir Liputan6.com, berikut ulasannya!

1. Kunci layar

Boleh jadi Anda masih menemukan orang yang tidak menerapkan kunci layar pada smartphone mereka. Padahal saat ini ada beberapa metode kunci layar dan ini penting untuk mengamankan smartphone dari tangan jahil.
Bayangkan, ketika smartphone Anda terjatuh dan kunci layar tidak aktif, maka siapa pun yang menemukan smartphone itu, bisa dengan mudah mengakses aplikasi dan data di dalamnya. Bagaimana jika smartphone itu jatuh ke tangan jahil?

2. Gunakan VPN di Jaringan WiFi Terbuka

Jaringan WiFi gratis banyak ditemukan di tempat-tempat publik seperti bandara, kafe, dan sebagainya. Namun tidak jarang, jaringan WiFi itu bersifat terbuka.
Oleh sebab itu, ketika Anda menghubungkan smartphone dengan jaringan WiFi terbuka, sebaiknya Anda menggunakan VPN demi keamanan.

3. Tautan Berbahaya

Tautan berbahaya biasanya dapat mudah ditemukan di situs web yang memuat konten ilegal. Klik pada salah tautan itu bisa membuat Anda kerepotan karena bisa saja smartphone Anda malah terpasang malware atau aplikasi berbahaya lainnya.
Maka dari itu, sebaiknya Anda tidak mengunjungi situs web yang menyediakan konten ilegal karena dua hal: konten di dalamnya ilegal dan alasan keamanan yang menghantui Anda.

Comments