Tiga Calon Independen Daftar di KPU Solo

Tiga Calon Independen Daftar di KPU Solo
Solo – Sebanyak tiga bakal calon kepala daerah dari jalur independen berniat maju di Pilwakot Solo. Ketiganya yakni pasangan Bagyo Wahyono dan FX. Supardjo (Bajo); Mitah Haliem Hartanto- Ronie Cakranegara (Hero); dan Abah Ali – Gus Amak (Alam).
“Sudah ada tiga pasangan bakal cawali dan cawawali dari jalur independen melakukan pembingan teknis melalui jalur perseorangan,” ujar Komisioner Divisi Tehnis Penyelenggaraan KPU Solo, Suryo Baruno kepada Timlo.net, Rabu (19/1).
Keseriusan tersebut, kata dia, dibuktikan dengan mengutus timses datang ke kantor KPU Solo untuk menyerahkan bukti surat mandat sebagai syarat untuk mendapatkan password dan username sistem informasi pencalonan (SILON) bakal calon perorangan.
“Ketiga bakal pasangan bakal cawali dan cawawali dari jalur independen tersebut sudah resmi mendapatkan password dan username SILON,” ujar Suryo.
Setelah mendapatkan password dan username SILON, lanjut dia, berkas syarat dikungan berupa e-KTP bisa langsung diinput ke dalam komputer secara online.
Syarat dukungan yang telah diinput secara online akan diserahkan bersamaan saat pendaftaran calon independen resmi dibuka KPU pada pertengahan Februari mendatang.
Diketahui, untuk maju jalur independen di Pilwakot Solo bakal calon Walikota-Wakil Walikota harus mendapatkan dukungan 8,5 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019, sebanyak 421.999 orang atau 35.870 e-KTP. Syarat dukungan harus sudah diserahkan pada tanggal 19-23 Febuari 2020.

Comments