Tiongkok Luncurkan Sistem Baru Penilaian Status Kredit

Ilustrasi. Foto: AFP.

Beijing: Bank Sentral Tiongkok meluncurkan sistem baru untuk mengungkapkan catatan kredit individu dan perusahaan.
 
Melansir Xinhua, Senin, 20 Januari 2020, sistem baru tersebut akan memberikan rincian lebih lanjut tentang status kredit dalam format yang lebih baik, seperti catatan pinjaman bersama dan catatan pembayaran pinjaman.
 
People's Bank of China (PBOC) menjelaskan pembaruan sistem ini mencerminkan perkembangan terkini dalam teknologi keuangan, terjadi sebagai tanggapan terhadap meningkatnya permintaan publik akan informasi kredit dan peningkatan layanan yang lebih efektif.

Rincian lain yang akan ditambahkan ke laporan kredit individu termasuk status pekerjaan, kebangsaan, dan informasi perjanjian kredit. Sementara untuk perusahaan, penanya akan mendapatkan informasi lebih lanjut seperti pembayaran kredit yang terlambat.
 
PBOC menambahkan sistem baru ini juga mengintensifkan manajemen dan perlindungan identitas pengguna dan transmisi informasi untuk memastikan keamanan informasi.
 
Tiongkok pertama kali meluncurkan sistem pencatatan kreditnya pada 2006. Pada akhir 2019, sistem tersebut telah menyimpan catatan untuk lebih dari satu miliar orang dan 28,34 juta perusahaan dan organisasi. Sekitar 2,5 miliar penyelidikan telah dilakukan dengan sistem sejauh ini, menurut bank sentral.

sumber: https://www.medcom.id/ekonomi/globals/GNlY3D5b-tiongkok-luncurkan-sistem-baru-penilaian-status-kredit

Comments