Awas! Virus Trojan Bisa Menyusup di HP & Kuras Rekening Kamu

Awas! Virus Trojan Bisa Menyusup di HP & Kuras Rekening Kamu

Jakarta, CNBC Indonesia - Bagi para pengguna android sebaiknya Anda harus selalu berhati-hati dalam men-download aplikasi. Sebab, telah ditemukan virus jahat yang mampu membobol rekening bank lewat ponsel.

Perusahaan cybersecurity Kaspersky menemukan virus bernama Trojan Ginp yang bisa menyusup ke ponsel untuk mendapatkan akses ke pesan SMS. Bila sudah masuk virus ini bisa membobol rekening bank kamu

Ia bekerja dengan membuat teks ke ponsel korban. Padahal tidak ada seorangpun yang mengirimkan pesan.


Setelah virus ini berusaha mencegat kode konfirmasi langsung dari bank. Dengan berbekal data ini, pelaku kejahatan menyedot dana dari rekening korban tanpa sepengetahuan pemiliknya.

Selain itu, virus trojan ini bisa memaksa korban membuka aplikasi tertentu dan mendorong pengguna melihat sebuah formulir untuk memasukkan data kartu bank.

Padahal aplikasi bukan dari Google Play Store. Data tersebut akan disalurkan ke para pelaku kejahatan siber.

"Ginp jelas memiliki cara kerja sederhana, tetapi efisien dan efektif. Dan kenyataan bahwa ia telah berevolusi dan memperoleh kemampuan baru adalah hal yang memprihatinkan," kata Alexander Eremin, pakar keamanan di Kaspersky, dalam keterangan pers, Selasa (18/2/2020).

"Walaupun berdasarkan pengalaman kami sebelumnya menunjukkan bahwa serangan hanya terlihat di Spanyol, potensi Trojan ini dapat muncul di negara lain adalah hal yang mungkin, yang jelas para pengguna Android harus selalu meningkatkan kewaspadaan mereka."

Saat ini, Ginp hanya menargetkan pengguna di Spanyol, tetapi sesaat taktiknya telah berubah. Malware tersebut juga digunakan untuk menargetkan Polandia dan Inggris. Jadi, sekalipun jika Anda tinggal di tempat berbeda, akan jauh lebih baik untuk selalu mengingat aturan dasar keamanan siber.

Berikut beberapa saran untuk menghindarkan diri menjadi korban Trojan perbankan:

- Unduhlah aplikasi hanya dari Google Play.
- Memblokir instalasi program dari sumber yang tidak dikenal di pengaturan Android. Ini akan meminimalisir kemungkinan mendapatkan aplikasi berbahaya.
- Jangan ikuti tautan dalam pesan teks, terutama jika pesan tersebut tampak mencurigakan. Misalnya, ketika seorang teman secara tak terduga mengirimi Anda tautan ke foto alih-alih mengirim gambar menggunakan aplikasi perpesanan atau media sosial.
- Jangan memberikan izin aksesibilitas ke aplikasi apa pun yang memintanya - sangat sedikit program yang benar-benar membutuhkan kuasa atas ini.
- Berhati-hatilah dengan aplikasi yang ingin mengakses pesan teks Anda.
- Instal solusi keamanan yang dapat diandalkan di ponsel Anda. Seperti, Kaspersky Internet Security for Android yang dapat dengan mudah mendeteksi Ginp dan beberapa ancaman lainnya.

sumber: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200219075801-37-138869/awas-virus-trojan-bisa-menyusup-di-hp-kuras-rekening-kamu

Comments