Perangkat Apple di Masa Mendatang Bebas Password

Perangkat Apple di Masa Mendatang Bebas Password
Timlo.net–Saat ini untuk masuk ke dalam layanan online, pengguna perlu menggunakan kombinasi username dan password. Cara ini masuk umum digunakan. Tapi, dengan banyaknya pembobolan dan peretasan online, cara ini dianggap tidak lagi aman. Banyak perusahaan tengah mencari cara lain yang lebih aman.
Apple sepertinya juga mencari cara lain. Mereka bergabung dengan the Fido Alliance, yang merupakan salah satu anggota dewan the allianc. Selain Apple, perusahaan teknologi lainnya seperti Amazon, Arm, Facebook, Google, Intel, Microsoft dan Samsung juga turut bergabung.
The Fido Alliance bertujuan untuk mengeliminasi password dengan menggunakan perangkat terpercaya. Langkah ini serupa dengan langkah Google saat memperkenalkan kunci keamanan Titan. Bila alat ini ditancapkan pada sebuah perangkat, pengguna bisa langsung login ke layanan tanpa perlu memasukkan username dan password.
Jadi perangkat seperti kunci keamanan dan perangkat terpercaya lainnya bisa dipakai sebagai pengganti password. Cara ini dianggap bisa mengurangi usaha phising atau email scam. Selain itu, password pengguna tidak bisa dicuri karena berada dalam kunci keamanan itu, tulis Ubergizmo, Selasa (11/2).
Kapan Apple berencana memperkenalkan teknologi ini pada perangkat mereka masih belum diketahui.

Comments