Perbedaan Hacker dan Cracker

 




LancangKuning - Hacker merupakan seseorang yang memiliki kelebihan dalam mempelajari komputer dan juga jaringan komputer. Sedangkan Cracker adalah seseorang yang hanya bukan ingin menyusup atau meretas saja, melainkan mereka lebih cenderung untuk merusak sistem atau jaringan komputer yang sudah ia retas. Jadi cracker lebih memilih niat yang negatif jika dibandingkan dengan Hacker. Dan para cracker juga tak segan untuk meretas keamanan atau mencuri atau mengambil software yang berlisensi.

Pandangan Orang Antara Hacker Dan Cracker

Hacker

Hacker juga ada yang illegal, namun beberapa orang setuju bahwa Hacker dikenal sebagai seseorang yang membuat atau mengembangkan sesuatu dengan tujuan yang lebih positif dibandingkan Cracker.

Cracker

Cracker dikenal sebagai seseorang yang suka membuat ke hal yang negatif.

Perbedaan Tingkatan Antara Hacker Dan Cracker

Hacker

Adalah peretasan untuk tujuan positif, bahwa Hacker memiliki tingkatan yang lebih baik. Selain itu juga,Hacker dianggap lebih pintar dab bijak. Dan para Hacker turut serta membantu menangkap penjahat di dunia maya.

Cracker

Maka Cracker disebut tingkatannya lebih rendah,namun beberapa cracker mampu untuk menciptakan software dan tolls baru.

Perbedaan Pandangan Terhadap Keamanan Komputer

Hacker

Bahkan beberapa Hacker diminta untuk menganalisis Cracker yang sering kali merusak sistem keamanan komputer.

Cracker

Mereka justru cenderung ingin merusak dan meretaskan sistem keamanan pada komputer yang ada. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa aksi mereka illegal.

Pengetahuan Tentang Komputer

Hacker

Mereka akan selalu menjadi orang yang pertama dalam mempelajari hal yang baru mengenai bahasa komputer seperti C, C++, HTML, dan lain.

Cracker

Cracker akan lebih dalam mempelajari peretasan yang baru untuk hal yang negatif.

Tujuan Yang Berbeda

Hacker

Jadi mereka mengamankan dari hal –hal negatif yang mungkin dalam sebuah komputer.

Cracker

Jika ada orang yang meretas komputer dengan tujuan mencuri informasi , data, foto, atau hal jahat lainnya, maka ia adalah Cracker. Para Cracker memiliki niat negatif, seperti merusak dam mencuri, dan mereka bahkan tidak peduli bahwa perbuatannya illegal dan melanggar hukum.


Tujuan Hacker mencari keuntungan atau bisa juga hanya sebagai tantangan saja atau mencari kelemahan yang ada pada suatu sistem. Kemudian kelemahan yang kita dapat akan dilaporkan pada pihak tertentu dan sekaligus dicarikkan solusi yang tepat untuk memperbaiki sistem tersebut dengan ilegal.


Aktivitas yang dilakukan ter

sebut hanya untuk menguji seberapa dalam ilmu Hacking yang dipelajari. Tujuan Cracker yang sudah jelas negatif dan mereka tidak boleh melakukan kesalahan yang berakibat fatal pada mereka.

Perbedaan dari cara kerja

Hacker mempunyai komunitas yang jelas dan terbuka agar mereka bisa memperdalam ilmu pemrograman yang dimiliki. Sedangkan Cracker mereka tidak seterbuka itu, mereka memiliki komunitas yang sangat tertutup dan tersembunyi, karena apa yang dilakukan bersifat merusak, mengacak – acak dan hal – hal negatif lain, dan mereka pun melakukannya dengan berhati – hati karena mereka tidak boleh melakukan kesalahan karena akan mengaibatkan kesalahan yang fatal bagi mereka.


Hacker dan Cracker berusaha untuk mendapatkan akses penuh dalam sistem dalam cara apapun, namun tujuan akhir dari melakukan ini merupakan perbedaan Hacker dan Cracker yang utama karena memiliki niat, mentalistis yang berbeda jauh.

Penyataan yang dimaksud tidak begitu familiar di telinga masyarakat, malah sering terjadi kesalahpahaman di kalangan publik bahwa Hacker adalah perusak yangb sering kali mengacaukan sistem jaringan


Meski keduanya sangat ahli dalam komputer dan progra , tapi mereka memiliki tujuan yang berbeda dan cara kerja yang berbeda pula.

Kesimpulan

Perbedan anatara keduanya bahwa tidak selamanya Hacker dipandang negatif, karena beberapa Hacker justru melakukan tindakan positif yang membantu masyarakat untuk  dakan kriminal.( Syaidah )

Sumber : https://lancangkuning.com/post/30219/perbedaan-hacker-dan-cracker.html\


Mari lihat dan pelajari SMART MANUFACTURING dengan solusi ADVANTECH 04 Feb 2021 - segera daftar di EVENTCERDAS.COM / https://s.id/eventcerdas4feb #aptiknas #eventcerdas #smartmanufacturing #smartfactory #advantech

Comments