30 Ribu Mac di 153 Negara Terinfeksi Malware Silver Sparrow

30 Ribu Mac di 153 Negara Terinfeksi Malware Silver Sparrow

 

COLORADO, iNews.id - Malware kerap ditemukan para peneliti. Kini, tim peneliti dari firma keamanan siber, Red Canary, menemukan sudah ada 30.000 Mac dan terus bertambah, yang telah terinfeksi malwarebernama Silver Sparrow.


Malware ini pertama kali ditemukan pada 18 Februari 2021 lalu dan dilaporkan telah mendeteksi di 153 negara. Dari jumlah itu, Silver Sparrow paling banyak terdeteksi di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jerman, dan Prancis.


Berdasarkan informasi yang dikutip dari Mashable, Senin (22/2/2021), malware Silver Sparrow tidak hanya mengancam Macbook berbasis Intel, tetapi juga chipset M1 buatan Apple. Padahal, M1 merupakan chipset teranyar Apple yang ada di pasaran. Sejauh ini, belum banyak celah keamanan dari yang ditemukan dari perangkat yang menggunakan chipset tersebut.


Alhasil, hingga saat ini para peneliti belum bisa memastikan seberapa berbahaya Silver Sparrow terhadap perangkat, dan bagaimana cara kerjanya sehingga merugikan perangkat yang diterinfeksi.


Sudah hampir setahun sejak Apple memperkenalkan jajaran Mac yang didukung M1, yang mencakup MacBook Air, MacBook Pro, dan Mac Mini.


Dengan silikonnya sendiri, mesin baru ini menawarkan masa pakai baterai yang lebih baik, kinerja yang lebih cepat, dan kemampuan untuk menjalankan aplikasi iPhone dan iPad.

Sumber : https://www.inews.id/techno/internet/30-ribu-mac-di-153-negara-terinfeksi-malware-silver-sparrow


Kata siapa UMKM tidak perlu melek keamanan siber (cybersecurity) ? Kami akan membahasnya bersama pak Didi Nurcahya, ITIL®️, GSEC - di 16 Feb 2021, pastikan anda terdaftar di https://s.id/eventcerdas16feb . #aptiknas #eventcerdas #dtechcorp #cybersecurity #keamanansiber #cyberawarenes

Comments