Awas Hoaks! Ini Bukan Video Banjir di Terowongan Tol Cisumdawu


Awas Hoaks! Ini Bukan Video Banjir di Terowongan Tol Cisumdawu


 VIDEO tentang banjir sering ditemukan di media sosial akhir-akhir ini. Sayangnya, ada saja yang membagikan video tersebut dengan keterangan keliru.


Misalnya, yang dibagikan ulang oleh akun Twitter @sayNotoIslampho pada 10 Februari 2021. Tampak banjir melanda sebuah terowongan besar dan diberi keterangan bahwa peristiwa itu terjadi di terowongan tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu).


”Astaghfirullah, tol Cisumdawu belum rampung… sudah banjir begini,” tulis akun tersebut. Selain badan jalan terendam, air yang bercampur lumpur juga terlihat jatuh dari bagian atas mulut terowongan (bit.do/TolCisumdawu).


Di Facebook, video banjir di terowongan yang menembus perbukitan gersang itu juga diunggah akun Terserah Raja pada Kamis, 11 Januari 2021. Sumbernya adalah aplikasi TikTok. Narasinya kurang lebih sama. ”Ngeri Terowongan Tol CISUMDAWU TUNNEL PROJECT Cileunyi–Sumedang–Dawuan Belum Juga Operasional Sudah Banjir,” tulisnya.


Namun, ada yang aneh dari unggahan tersebut. Ada dua mulut terowongan di tol Cisumdawu dan letaknya berdampingan. Di video banjir yang diunggah akun Twitter @sayNotoIslampho, mulut terowongannya hanya satu.


Saat ditelusuri, video yang sama pernah diunggah kanal YouTube King Afraz pada 11 November 2018. Penjelasan di kolom keterangan memperjelas bahwa banjir itu tidak terjadi di Indonesia. ”Saudi Arabia present condition in Saudi plzz pray,” tulis akun tersebut. Anda dapat melihat kesamaannya di bit.do/November2018.


Foto kondisi normal terowongan tersebut pernah diunggah salah seorang pengguna aplikasi Google Maps. Penunjuk lokasi menyebutkan jalur E102 terowongan Fujairah, Uni Emirat Arab. Anda dapat melihatnya di bit.do/E102UEA.


Sementara itu, terowongan di tol Cisumdawu jelas berbeda dengan terowongan di video banjir. Selain dua mulut terowongan yang berdampingan, di sekitarnya banyak pepohonan dan permukiman warga. Portal CNBCIndonesia.com pernah mengunggah foto terowongan tersebut pada 6 Januari 2021 untuk melengkapi berita tentang target pengoperasian jalan tol pada 2021. Anda dapat melihatnya di bit.do/CisumdawuTol.


FAKTA


Video banjir yang dibagikan ulang oleh akun Twitter @sayNotoIslampho diambil di jalur E102, penghubung Sharjah–Kalba, di Uni Emirat Arab.

Sumber : https://www.jawapos.com/hoax-atau-bukan/17/02/2021/awas-hoaks-ini-bukan-video-banjir-di-terowongan-tol-cisumdawu/?page=all


Kata siapa UMKM tidak perlu melek keamanan siber (cybersecurity) ? Kami akan membahasnya bersama pak Didi Nurcahya, ITIL®️, GSEC - di 16 Feb 2021, pastikan anda terdaftar di https://s.id/eventcerdas16feb . #aptiknas #eventcerdas #dtechcorp #cybersecurity #keamanansiber #cyberawarenes

Comments