Cara Mengatasi Laptop Booting


Cara Mengatasi Laptop Booting



 JAKARTA, iNews.id - Laptop atau komputer sering mengalami booting. Masalah semacam ini biasanya terjadi saat laptop atau komputer dinyalakan dan tidak masuk ke menu utama.  Bila komputer atau laptop Anda mengalami booting, jangan khawatir. Ada cara untuk mengatasinya Berikut ini cara mengatasi booting sebagaimana telah dirangkum iNews.id, Minggu (31/1/2021).


1. Pakai System Restore  

Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk mengembalikan semua perubahan pada sistem laptop maupun komputer. Cara ini cukup efektif karena kerusakan yang ada, bisa dikembalikan lagi sampai sistem normal kembali.


2. Masuk ke Safe Mode 

 Fitur safe mode merupakan fitur yang membuat pengguna laptop atau komputer visa memasuki Windows tanpa software atau driver tambahan yang sedang running di dalamnya. Berbeda dengan Windows biasa, safe mode umumnya masih bisa dibuka meski laptop atau komputer gagal booting.


3. Scan Memakai Antivirus 

Virus laptop atau komputer bisa merusak segala macam perangkat software termasuk sistem di dalamnya. Sehingga mengakibatkan gagal booting. Salah satu cara untuk menghilangkan virus itu dengan menggunakan antivirus. Caranya: Masuk ke Safe Mode sama seperti sebelumnya. Kemudian buka antivirus lalu lakukan full scan.


4. Periksa RAM dan Hardisk 

RAM yang kotor, longgar, tidak terpasang dengan benar, atau bahkan rusak, bisa membuat sistem tidak menampilkan apa-apa saat dinyalakan.  mengakibatkan sistem tidak menampilkan apa-apa saat dinyalakan. Selain RAM, Hardisk juga berpotensi membuat laptop atau komputer gagal booting yakni jika ditemukan kerusakan bad sector. Awalnya akan terjadi penurunan kinerja (lemot). Tapi lama kelamaan, bisa mendatangkan error lainnya seperti gagal booting.


5. Install Ulang Windows

 Kalau masih belum berhasil dengan semua cara di atas, solusi paling ampuh adalah dengan melakukan install ulang. Metode install ulang juga bisa digunakan untuk menghilangkan virus. Caranya yakni dengan melakukan format semua data harddisk.

Sumber : https://www.inews.id/techno/gadget/cara-mengatasi-laptop-booting



Mari lihat dan pelajari SMART MANUFACTURING dengan solusi ADVANTECH 04 Feb 2021 - segera daftar di EVENTCERDAS.COM / https://s.id/eventcerdas4feb #aptiknas #eventcerdas #smartmanufacturing #smartfactory #advantech

Comments