Hacker Meretas Situs Web Propaganda yang Dikelola Pemerintah Militer Myanmar

Hacker Meretas Situs Web Propaganda yang Dikelola Pemerintah Militer Myanmar

 

TRIBUNNEWS.COM - Hancker menyerang situs web yang dikelola oleh pemerintah militer atau junta Myanmar pada Kamis (18/2/2021).


Dikutip dari Channel News Asia, hal tersebut terjadi setelah junta sebagai pihak yang berwenang saat ini menutup layanan internet selama empat malam berturut-turut.


Sebuah kelompok yang disebut Hacker Myanmar kemudian meretas situs web propaganda militer Myanmar, termasuk Bank Sentral, penyiar yang dikelola negara MRTV, Otoritas Pelabuhan, serta Badan Pengawas Obat dan Makanan.


Adapun langkah tersebut dilakukan juga bertepatan dengan sehari setelah ribuan orang berkumpul di seluruh negeri untuk memprotes kudeta militer yang menggulingkan pemerintah sipil Aung San Suu Kyi.

"Kami berjuang untuk keadilan di Myanmar", kata kelompok peretas itu di halaman Facebook-nya.


"Ini seperti protes massa di depan situs web pemerintah," lanjutnya.

Lebih lanjut, pakar keamanan siber Matt Warren dari Universitas RMIT Australia mengatakan kemungkinan tujuan peretasan itu adalah untuk sebuah deklarasi.


Dikatakan Matt Warren, hal itu termasuk dalam tindakan hacktivism, yaitu perpaduan antara hacker dan aktivis.


"Jenis serangan yang akan mereka lakukan adalah serangan penolakan layanan atau perusakan situs web yang disebut hacktivism", kata Matt Warren.


Dampak yang terjadi akibat tindakan hacktivist memang tidak terlalu banyak, lanjut Matt Warren.


Akan tetapi setidaknya dapat meningkatkan kesadaran masyarakat.


"Dampaknya akan berpotensi terbatas tetapi yang mereka lakukan adalah meningkatkan kesadaran," terang dia.

Sumber : https://m.tribunnews.com/internasional/2021/02/18/hacker-meretas-situs-web-propaganda-yang-dikelola-pemerintah-militer-myanmar


Kata siapa UMKM tidak perlu melek keamanan siber (cybersecurity) ? Kami akan membahasnya bersama pak Didi Nurcahya, ITIL®️, GSEC - di 16 Feb 2021, pastikan anda terdaftar di https://s.id/eventcerdas16feb . #aptiknas #eventcerdas #dtechcorp #cybersecurity #keamanansiber #cyberawarenes

Comments