Hati-hati saat Pindahkan Isi Chat WhatsApp ke Telegram, Ini Sebabnya

ilustrasi Telegram dan WhatsApp


 KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Telegram meluncurkan fitur baru yang memudahkan penggunanya memindahkan isi chat dari WhatsApp ke Telegram. Fitur itu tidak hanya berlaku untuk WhatsApp saja, tapi juga sejumlah aplikasi pesan instan lain. Namun, Anda harus lebih berhati-hati jika ingin memindahkan isi chat WhatsApp ke Telegram maupun platform ketiga lain. Ahli keamanan siber, Zach Duffman, dalam sebuah artikel di Forbes mengatakan ada celah keamanan yang bisa dieksploitasi. Ia mengatakan, memindahkan isi chat WhatsApp ke penyimpanan awan (cloud) pihak ketiga seperti Telegram, Google, atau Apple tidak sepenuhnya aman. Duffman mengatakan, Semua percakapan yang dilakukan di WhatsApp dilindungi sistem keamanan dari ujung ke ujung (end-to-end encryption).

Sederhananya, semua chat dan panggilan yang terjadi di WhatsApp dikunci, sehingga, tidak ada pihak lain termasuk WhatsApp yang bisa mengintip isi pesan atau mendengar percakapan panggilan. Pesan hanya bisa dibaca oleh pengirim dan penerima saja. Namun, enkripsi itu tidak lagi berlaku saat pesan yang sudah diterima oleh perangkat dicadangkan ke penyimpanan awan seperti iCloud atau Google Drive. WhatsApp pun sudah menjelaskan hal ini di laman FAQ, yang menerangkan bahwa "media dan pesan yang Anda cadangkan tidak dilindungi oleh enkripsi end-to-end WhatsApp saat berada di iCloud/Google Drive. Menurut Duffman, pesan WhatsApp juga tidak akan dikunci saat diekspor ke Telegram karena aplikasi ini berbasis cloud. Di Telegram, semua percakapan akan tersimpan di cloud Telegram, kecuali pesan yang dilakukan di Secret Chat yang dilindungi end-to-end encryption. Pesan di luar fitur secret chat di Telegram tidak dilindungi dari ujung ke ujung. Pesan akan dilindungi di antara smartphone atau komputer ke cloud, serta antara cloud ke kontak pengguna.


Aplikasi berbasis cloud seperti Telegram memiliki keuntungan, salah satunya chat bisa diakses dari beberapa perangkat secara bersamaan. Bukan cuma WhatsApp. Chat dari aplikasi Signal pun memiliki potensi kerentanan yang sama apabila ditransfer ke Telegram atau cloud pihak ketiga. Hal yang sedikit berbeda terjadi di perpesanan yang terjadi di iMessage. Apple melindungi semua pesan iMessage bahkan ketika berada di iCloud sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Sunday Vision, Kamis (4/2/2021).

Sumber : https://tekno.kompas.com/read/2021/02/04/14450007/hati-hati-saat-pindahkan-isi-chat-whatsapp-ke-telegram-ini-sebabnya


Kata siapa UMKM tidak perlu melek keamanan siber (cybersecurity) ? Kami akan membahasnya bersama pak Didi Nurcahya, ITIL®️, GSEC - di 16 Feb 2021, pastikan anda terdaftar di https://s.id/eventcerdas16feb . #aptiknas #eventcerdas #dtechcorp #cybersecurity #keamanansiber #cyberawarenes

Comments