Makin Merajalela, Kejahatan Ransomware Naik 400 Persen di 2020

Makin Merajalela, Kejahatan Ransomware Naik 400 Persen di 2020


Uzone.id - Sebuah studi yang dilakukan oleh perusahaan keamanan siber, Deep Instinct menunjukkan jika tahun lalu merupakan tahun yang sangat menyeramkan bagi para perusahaan yang terkena ransomware. Aksi ransomware atau pemerasan yang dilakukan hacker meningkat 435 persen dibanding tahun sebelumnya.

Dilansir melalui Betanews, Kamis, 18 Februari 2021, Deep Instinct mengungkap jika secara keseluruhan, kejahatan malware meningkat sebesar 358 persen dibanding 2019. Sedangkan ransomware sendiri naik 435 persen.

Laporan ini merupakan hasil analisa dari jutaan serangan yang terjadi sepanjang tahun. Mereka menyebut jika distribusi malware Emotet naik sampai 4000 persen sementara ancaman malware yang menyerang ponsel Android naik 263 persen.


Tahun lalu, masih menurut laporan Deep Instinct, aktivitas berbahaya di perangkat komputer menunjukkan kemasifannya pada bulan Juli. Di bulan itu tercatat ada peningkatan sampai 653 persen dibanding bulan yang sama tahun 2019.


Yang menarik, dokumen-dokumen berbasis Microsoft Office merupakan yang paling banyak digunakan untuk memanipulasi korban. Serangan dengan menggunakan Microsoft Office naik 112 persen.

"Kami telah melihat pandemi mempercepat transformasi bisnis perusahaan untuk menjalankan bisnis online, sementara peralihan mendadak ke model kerja dari rumah (WFH) berpotensi memperluas serangan. Tidak heran jika tim IT mengalami kesulitan mengikuti serangan gencar dari setiap jenis yang berbeda," ujar Guy Caspi, co-Founder dan CEO dari Deep Instinct.


Masalahnya, kata Guy, tidak terbatas pada banyaknya volume serangan. Penelitian mereka menunjukkan bahwa serangan telah berevolusi menjadi semakin canggih dengan taktik yang membuat deteksi makin sulit.

Sumber : https://uzone.id/makin-merajalela-kejahatan-ransomware-naik-400-persen-di-2020 


Kata siapa UMKM tidak perlu melek keamanan siber (cybersecurity) ? Kami akan membahasnya bersama pak Didi Nurcahya, ITIL®️, GSEC - di 16 Feb 2021, pastikan anda terdaftar di https://s.id/eventcerdas16feb . #aptiknas #eventcerdas #dtechcorp #cybersecurity #keamanansiber #cyberawarenes


Comments