Usai Kudeta, Warga Myanmar Pakai Aplikasi Ini untuk Komunikasi




Kudeta Myanmar: Bagaimana cara militer mengacaukan internet ketika mengambil alih kekuasaan?


 Jakarta - Kudeta militer yang berujung pada putusnya jaringan internet di Myanmar membuat warga beralih ke aplikasi messaging Bridgefy. Sejak awal pekan ini, aplikasi tersebut telah diunduh lebih dari satu juta kali di Myanmar.

Bridgefy mengandalkan Bluetooth yang memungkinkan penggunanya untuk saling berkomunikasi tanpa internet. Alternatif ini tentu sangat membantu warga setelah jaringan telepon dan internet dimatikan di ibu kota Naypyitaw, Yangon, dan kota-kota lainnya menyusul kudeta militer dengan penahanan tokoh politik Aung San Suu Kyi.Saat ini jaringan telepon dan internet di Myanmar sudah mulai pulih. Tapi dalam postingan media sosial yang dilihat Reuters, aktivis di Myanmar menyarankan warga mengunduh Bridgefy sebagai solusi jika internet kembali dimatikan di Negeri Seribu Pagoda.CEO Bridgefy Jorge Rios mengatakan antara Senin dan Selasa malam, aplikasi ini telah diunduh lebih dari 1,1 juta kali, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (3/2/2021). Saat ini jumlah pengguna internet di Myanmar diperkirakan sebanyak 22 juta orang.


Dalam beberapa cuitan di akun Twitter resminya, Bridgefy mengaku sempat kewalahan mengalami lonjakan pengguna baru yang ingin mendaftar. Tapi semua isu tersebut langsung diperbaiki.


Aplikasi messaging ini juga telah memperbaiki masalah keamanan sejak tahun lalu. Kini semua pesan yang dikirim lewat Bridgefy telah dilindungi dengan enkripsi end-to-end berbasis Signal Protocol.Pembaruan keamanan ini sepertinya merupakan jawaban Bridgefy terhadap komentar ahli keamanan siber yang khawatir aplikasi ini mudah ditembus dan membuat pengguna rawan jadi target pengawasan.Popularitas Bridgefy mulai menanjak di negara-negara yang memiliki sejarah memberlakukan pembatasan media sosial dan internet. Seperti saat protes anti-pemerintah di Thailand dan protes pro-demokrasi di Hong Kong.


Aplikasi lain yang menggunakan teknologi serupa termasuk goTenna dan Briar. Ada juga Bluetooth Firechat yang digunakan di protes di Iran dan Irak tapi kini sudah tidak beroperasi.

Sumber : https://inet.detik.com/cyberlife/d-5359793/usai-kudeta-warga-myanmar-pakai-aplikasi-ini-untuk-komunikasi


Kata siapa UMKM tidak perlu melek keamanan siber (cybersecurity) ? Kami akan membahasnya bersama pak Didi Nurcahya, ITIL®️, GSEC - di 16 Feb 2021, pastikan anda terdaftar di https://s.id/eventcerdas16feb . #aptiknas #eventcerdas #dtechcorp #cybersecurity #keamanansiber #cyberawarenes

Comments