Ada yang Goreng GameStop Pakai Bot di Twitter & Facebook Cs?

 A customer checks on his cellphone as he walks to a GameStop store in Vernon Hills, Ill., Thursday, Jan. 28, 2021. The online trading platform Robinhood is moving to restrict trading in GameStop and other stocks that have soared recently due to rabid buying by smaller investors. GameStop stock has rocketed from below $20 to around $350 this month as a volunteer army of investors on social media challenged big institutions who has placed market bets that the stock would fall. (AP Photo/Nam Y. Huh)

  Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan keamanan siber PiiQ Media mengungkapkan akan adanya akun bot di plaform media sosial utama yang mengangkat GameStop Corp dan 'meme' saham lainnya.

Laporan itu juga menyarankan akan adanya kemungkinan aktor ekonomi atau aktor asing terorganisir yang mungkin telah berperan dalam hiruk-pikuk perdagagan saham GameStop

Bulan lalu saham GameStop melonjak tinggi setelah pengguna Reddit bersatu melawan para hedge fund (bandar) yang memprediksi harga saham GameStop akan turun.

Dalam penjelasannya kepada Kongres Amerika Serikat pada bulan lalu, Chief Executive Reddit Steve Huffman mengatakan bot, akun palsu dengan konten otomatis, tidak memainkan 'peran penting' dalam lalu lintas pesan soal GameStop di forum percakapan itu.


Namun analisisi PiiQ Media terhadap postingan Twitter, Facebook, Instagram, dan Youtube menemukan bot menggunakan platform tersebut untuk mendorong GameStop dan meme saham lainnya. Namun tidak jelas seberapa besar pengaruhnya aksi ini mempengaruhi kenaikan harga di bursa saham.


PiiQ Media mengatakan telah memeriksa kata kunci (Keyword) seperti "Hold the Line" dan kode saham "GME", di seluruh percakapan dan profil sebelum hiruk pikuk tanggal 28 Januari hingga 18 Februari 2021. Mereka juga membandingkan postingan pada satu set saham yang tak terkait.


PiiQ mengatakan telah mengidentifikasi pola harian yang hampir sama "saat mulai dan berhenti" yang sangat mirip dalam postingan terkait GameStop, dengan aktivitas yang dimulai pada awal perdagangan, diikuti oleh lonjakan besar pada akhir hari perdagangan.


Co-funder dan chief teknologi officer PiiQ Media Aaron Barr mengatakan Pola seperti itu menunjukkan adanya bot. "Kami melihat pola perilaku buatan yang jelas di empat platform media sosial lainnya. Jika Anda memikirkan konten organik, itu bervariasi setiap hari, variabel dari hari ke hari. Tidak ada pola yang sama persis setiap hari selama sebulan," ujarnya, melansir Reuters, Senin (1/3/2021).

PiiQ memperkirakan ada puluhan ribu akun bot yang membicarakan GameStop, saham meme, dan Dogecoin, mata uang kripto yang tersapu dalam hiruk-pikuk. Ribuan akun palsu dapat dibeli hanya dengan US$ 200, ungkap Aaron Barr.

Perusahaan tidak menganalisis data Reddit, tetapi Aaron Barr mengatakan dia akan melihat pola aktivitas serupa di Reddit, yang menunjukkan pengelolaan percakapan yang mirip bot atau terkoordinasi.


Seorang perwakilan untuk Reddit tidak berkomentar di luar kesaksian Huffman. Perwakilan untuk YouTube, Facebook dan anak perusahaan Instagram tidak menanggapi permintaan komentar. Platform media sosial umumnya mencoba menyingkirkan bot berbahaya, kata Aaron Barr.

Seorang perwakilan Twitter mengatakan "bot" telah menjadi istilah umum yang sering kali salah mengartikan sifat akun. Bot perusahaan dapat digunakan pada platformnya untuk tujuan kreatif atau inovatif.


Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) sedang menyelidiki saga GameStop dan pada pekan lalu menangguhkan perdagangan di 15 perusahaan karena aktivitas perdagangan yang tidak biasa dan upaya nyata di media sosial untuk menaikkan harga saham mereka secara artifisial. Itu selain enam saham yang baru-baru ini ditangguhkan karena aktivitas media sosial yang mencurigakan.


"Kami secara proaktif memantau aktivitas perdagangan mencurigakan yang terkait dengan promosi saham di media sosial, dan bertindak cepat untuk menghentikan perdagangan itu," kata penjabat direktur penegakan SEC, Melissa Hodgman, dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat.

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210301145348-37-226939/ada-yang-goreng-gamestop-pakai-bot-di-twitter-facebook-cs/1


Kata siapa UMKM tidak perlu melek keamanan siber (cybersecurity) ? Kami akan membahasnya bersama pak Didi Nurcahya, ITIL®️, GSEC - di 16 Feb 2021, pastikan anda terdaftar di https://s.id/eventcerdas16feb . #aptiknas #eventcerdas #dtechcorp #cybersecurity #keamanansiber #cyberawarenes

Comments