Ada e-Office, Pemkab Kuansing akan Kurangi Penggunaan Kertas

 Ada e-Office, Pemkab Kuansing akan Kurangi Penggunaan Kertas


 TELUKKUANTAN - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau kembangkan aplikasi naskah dinas e-Office berbasis tanda tangan digital. Hal ini dilakukan dalam rangka  mengurangi penggunaan kertas (paperless). Nantinya, segala administrasi surat-menyurat akan dilakukan secara elektronik.


"Saat ini, aplikasi e-Office sudah bisa digunakan bagi OPD," ujar Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian (Diskominfoss) Kuansing, Samsir Alam melalui Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Informatika, Antoni Suryadinata, Rabu (21/4/2021) di Telukkuantan.


Dijelaskan Antoni, setiap surat di e-Office menggunakan tanda tangan elektronik. Karena itu, semua pejabat harus mendapatkan kode unik atau passphrase sebagai tanda tangan elektronik dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). "Kita akan bantu para pejabat di OPD untuk mendapatkan tanda tangan elektronik dari BSSN."


"Kemaren kita sudah lakukkan di Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), karena kita melihat di sana administrasi surat menyurat cukup banyak saat ini. Kami sudah minta data dan dikirim ke BSSN," ujar Antoni.


Jika e-Office ini sudah dijalankan oleh seluruh OPD, tentu akan terjadi efisiensi anggaran. Menurut Antoni, secara prinsip penggunaan kertas akan semakin minim. Tentunya, dari segi anggaran untuk ATK juga akan berkurang.


"Salah satu indikator keberhasilan aplikasi ini kedepannya, adanya efisiensi dalam penggunaan anggaran ATK. Dengan e-Office ini tentu, harus ada efisiensi yang signifikan," terang Antoni.


Dari sisi efektivitas, lanjut Antoni, e-Office dapat meminimalisir surat hilang, karena tersimpan di sistem. Di sisi lain, tentu akan mempercepat layanan atau administrasi pemerintahan.


"Biasanya surat itu bertumpuk-tumpuk. Kalau dengan e-Office tidak, sebab ada notifikasi ke pejabat tersebut dan itu harus dibaca dan tandatangani atau disposisi. Tentunya, pekerjaan akan lebih mudah," ujar Antoni.

Sumber : https://www.goriau.com/berita/baca/ada-eoffice-pemkab-kuansing-akan-kurangi-penggunaan-kertas.html

Comments