[HOAKS] Indomie Bagi-Bagi Hadiah Merayakan Ulang Tahun ke-60

Ilustrasi hoaks.


 KOMPAS.com - Sebuah unggahan di media sosial Facebook menyebutkan sebuah tautan website untuk mendapatkan hadiah perayaan ulang tahun ke-60 Indomie.


Link tersebut juga banyak beredar di aplikasi chat WhatsApp.


Dari penelusuran tim Cek Fakta Kompas.com, informasi beserta link tersebut tidak benar alias hoaks.


PT Indofood CBP Sukses Makmur, pemilik merek Indomie, menyatakan bahwa perusahaan tidak mengadakan program pemberian hadiah gratis seperti yang beredar.


Masyarakat juga diimbau agar tidak meng-klik link yang beredar itu.


Narasi yang beredar

Informasi website untuk mendapatkan hadiah perayaan ulang tahun Indomie itu disebarkan di Facebook oleh akun Putra Romadhoni pada Jumat (16/4/2021).


Berikut narasi selengkapnya:


"Mayan entok hadiah soko mie ayam,"


"Lumayan dapat hadiah dari mi ayam," (terjemahan)


Narasi itu juga menyertakan tangkapan layar website, yang menampilkan foto produk Indomie dengan keterangan sebagai berikut:


"Menangkan hadiah gratis semoga berhasil!


Selamat! Ikuti petunjuk di bawah ini untuk mengklaim ponsel Anda!


1. Bagikan dengan 5 grup / 20 teman di Whatsapp (klik ikon hijau di bawah)"


Ditemukan pula unggahan tangkapan layar percakapan WhatsApp di Facebook, yang memperlihatkan bahwa link menuju website tersebut beredar di aplikasi chat tersebut. Unggahan tangkapan layar percakapan WhatsApp itu diunggah oleh akun Nchie Nchie pada Kamis (15/4/2021). Pada pesan link tersebut, terdapat foto produk Indomie dan keterangan sebagai berikut: "Hari jadi perusahaan ke-60 Setiap orang bisa mendapatkan hadiah gratis www[dot]indomie[dot]com https://indomie [dot] plus/promo/?t=1618479321830,"


Penelusuran Kompas.com Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar itu, tim Cek Fakta Kompas.com mengecek informasi yang dirilis melalui website resmi PT Indofood CBP Sukses Makmur. Mengutip laman indofoodcbp.com, Kamis (15/4/2021) Indofood membantah adanya program pemberian hadiah gratis seperti yang beredar itu. Berikut pernyataan dari Indofood: "HATI-HATI PENIPUAN BERHADIAH MENGATASNAMAKAN INDOMIE Sehubungan dengan adanya informasi mengenai pemberian hadiah dalam rangka perayaan ulang tahun Indomie ke-60 tahun yang tersebar melalui aplikasi pesan WhatsApp, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (Indofood) menghimbau masyarakat agar berhati-hati terhadap website penipuan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Perusahaan tidak mengadakan program pemberian hadiah gratis seperti yang terdapat di dalam pesan WhatsApp diatas dan masyarakat dihimbau agar tidak meng-klik tautan yang dikirimkan melalui pesan tersebut. Sekali lagi agar masyarakat waspada terhadap berbagai bentuk penipuan yang mengatasnamakan Indofood Group. Informasi resmi berkaitan dengan program dan layanan Indofood Group dapat dibaca melalui webiste resmi perusahaan di www.indofood.com dan www.indofoodcbp.com, atau dapat menghubungi Layanan Konsumen Indofood Produk Mi Instan di 0 800 181 8888 atau email ke indomie@icbp.indofood.co.id Indofood tidak bertanggung jawab atas kerugian transaksi yang dialami dalam usaha penipuan yang dilakukan oleh pihak mengatasnamakan Indofood & Indofood CBP," Kesimpulan Informasi serta link menuju website pembagian hadiah perayaan ulang tahun ke-60 Indomie berasal dari sumber tidak resmi, dan dipastikan tidak benar alias hoaks. PT Indofood CBP Sukses Makmur, pemilik merek Indomie, menyatakan bahwa perusahaan tidak mengadakan program pemberian hadiah gratis seperti yang beredar. Masyarakat juga diimbau agar tidak meng-klik link yang beredar itu.

Sumber : https://www.kompas.com/tren/read/2021/04/18/190000565/-hoaks-indomie-bagi-bagi-hadiah-merayakan-ulang-tahun-ke-60?page=all

Comments