Asosiasi Media Siber Indonesia Deklarasi AMSI Kepri

Konferensi Wilayah I AMSI Kepulauan Riau, Sabtu, 19 September 2021.

Ketua Umum Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Wenseslaus Manggut, telah mendeklarasikan pembukaan cabang AMSI dan konferensi wilayah I AMSI Kepulauan Riau, Sabtu, 19 September 2021.

"Saya deklarasikan AMSI Kepri ke-22," kata Wenseslaus secara virtual di Jakarta.

Sejuah ini, kata Wenseslaus, ada 7 atau 8 provinsi lagi yang sedang dipersiapkan untuk membuka cabang AMSI di daerah. "Kami berharap pemilihan pengurus supaya segera terhubung dengan pusat, mau bikin program apa di Kepri kami siap membantu," kata pria yang karib disapa Wens ini.

Dalam kesempatan itu, Wens menuturkan jagat dunia digital ini banyak sekali konten ujaran kebencian, hoaks atau berita bohong. Tentu, ini sangat mengganggu pebisnis media dan masyarakat umum.

"Kalau dicekokin dengan hoaks lama-lama teracuni. Media untuk sama-sama menyapu (hoaks) di ranah digital. Januari-Juni 2021 ada 1.700 hoaks di medsos tentang COVID-19. Itu artinya jumlah postingan banyak sekali," sambungnya.

Menurutnya, berdasarkan keterangan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, konten hoaks yang merajelala di media sosial kini sudah bisa dihapus.

"Tapi, kalau terus-terusan begitu, lama-lama pemerintah seperti pemadam kebakaran. Kita rasanya perlu sesuatu jangka panjang dan sistematis. Kita perlu mengatur instalasi digital, format regulasi," katanya.

"Kita harus mengikuti regulasi. Semua media berbadan hukum kerja sama dengan platform semua media konten berkualitas. Saya berharap anggota AMSI bisa bekerja sama. Kita bisa fokus kepada pelayanan publik dan meredam kecenderungan libido clickbait," tambahnya.

Sumber : https://www.viva.co.id/berita/nasional/1405838-asosiasi-media-siber-indonesia-deklarasi-amsi-kepri?page=all&utm_medium=all-page

Comments