Cek Aplikasi Android yang Wajib Hapus, Atau Dirampok

Foto: Infografis/Mengenal Joker, Virus yang Curi data & Uang Pengguna Android/Arie Pratama

Jakarta, - Smartphone Android kini menjadi incaran para hacker. Caranya dengan menyusupkan virus jahat malware pada aplikasi yang terdaftar di Google Play Store. Jadi kalian wajib waspada.

Baru-baru ini Kepolisian Belgia menemukan delapan aplikasi Android berbahaya di Play Store karena mengandung virus malware Joker. Malware merupakan software yang didesain untuk merusak komputer, jaringan komputer dan ponsel. Sedangkan malware Joker dikatakan dapat merampok korbannya.

Malware itu akan membuat perangkat korban berlangganan sebuah layanan. Namun langganan itu tanpa ada persetujuan dari pemilik perangkat dan korban tak curiga sama sekali dengan aktivitas tersebut. Pada akhirnya, keberadaan aplikasi ini bisa berbahaya bagi penggunanya.

"Anda akan terkejut melihat tagihan pada rekening bank atau kartu kredit di akhir bulan," kata pihak Kepolisian dikutip Rabu (8/9/2021).

Kabarnya seluruh aplikasi yang diidentifikasi Kepolisian Belgia telah dihapus dari Google Play Store. Namun bagi mereka yang sudah menginstall aplikasi diminta segera menghapusnya agar tidak menjadi korban dari virus tersebut.
Berikut daftar delapan aplikasi yang ditemukan mengandung virus berbahaya:

1. Auxiliary Message
2. Element Scanner
3. Fast Magic SMS
4. Free CamScanner
5. Go Messages
6. Super Message
7. Super SMSTravel Wallpapers.

Malware Joker ditemukan pada 2017 dan disebut telah masuk ke ribuan aplikasi di Play Store. Google juga berusaha memindai dan menghapus aplikasi berbahaya itu dari toko aplikasinya.

Sudah ada 1.700 aplikasi yang ditemukan dan akhirnya dihapus Google. Sedangkan September 2020 lalu, 24 aplikasi Android berisi malware Joker yang telah didownload 500 ribu kali juga telah dihapus.

Malware Joker dikabarkan telah menyebar ke 30 negara dunia, termasuk diantaranya adalah Amerika Serikat (AS), Brasil dan Spanyol.

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210921065749-37-277800/cek-aplikasi-android-yang-wajib-hapus-atau-dirampok

Comments