[HOAKS] Ada Emas di Gua Toa Putri, Deli Serdang

Tangkapan layar video yang menarasikan Goa Tao 8 Putri, Deli Serdang, yang di dalamnya terdapat banyak emas.(Facebook)


Sebuah video dengan narasi ditemukan emas di Gua Tao 8 Putri, Deli Serdang, Sumatera Utara, sempat ramai di media sosial pekan lalu. Salah satunya dibagikan akun Facebook pada Rabu (1/9/2021).


Dalam video singkat itu, disebutkan bahwa emas tersebut tidak boleh diambil karena gua itu termasuk tempat sakral.

Menurut ahli, informasi itu tidak benar. Warna kuning keemasan yang terlihat di dalam gua bukan emas, melainkan logam biasa.

Narasi yang beredar

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, informasi terkait adanya gua berisi banyak emas salah satunya diunggah oleh akun Facebook ini.


Dalam video berdurasi 46 detik itu, disebutkan bagian luar gua yang disebut menyerupai wajah manusia. Kemudian, video juga memperlihatkan bagian dalam gua yang sempit dan terdapat butiran seperti pasir yang berwarna kuning keemasan.

Dituliskan juga bahwa lokasi tersebut berada di Goa Tao 8 Putri, Deli Serdang.

"Di dalam goa ini terdapat banyak emas, tetapi tidak untuk diambil ya guys, konon katanya tempat ini masih sangat sakral.

Goa Tao 8 Putri, Deli Serdang, Sumatera Utara," tulis pengunggah. Konfirmasi Kompas.com Diberitakan Kompas.com, Sabtu (4/9/2021), Ketua Pengurus Daerah Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Sumatera Utara, Gustam Lubis, mengatakan, serpihan berwarna keemasan yang terlihat di dalam gua tersebut bukan emas.

Ia menjelaskan, benda tersebut adalah mineral pirit yang merupakan logam biasa dengan rumus kimia FeS2.

Sumber : https://www.kompas.com/tren/read/2021/09/12/101500065/-hoaks-ada-emas-di-gua-toa-putri-deli-serdang

Comments