Hoaks Lowongan Kerja, Waspada Panggilan Interview Palsu Mengatasnamakan OJK

Penipuan lowongan pekerjaan yang mengatasnamakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) beredar di media sosial. Foto/Instagram OJK

Penipuan terkait informasi lowongan kerja kerap terjadi, terlebih di era pandemi Covid-19 di mana banyak orang membutuhkan pekerjaan di tengah maraknya pemutusan hubungan kerja (PHK). Oknum penipu pun memanfaatkan momentum ini untuk menjalankan aksinya.

Segala bentuk penipuan tentu harus diwaspadai, salah satunya penipuan lowongan pekerjaan yang mengatasnamakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang beredar di media sosial dan situs ojkcareer.com belum lama ini.

Mengutip dari laman media sosial OJK Indonesia, Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Logistik OJK Anto Prabowo menegaskan informasi yang berlayangan di media sosial maupun situs pencarian kerja atas nama PT Otoritas Jasa Keuangan dengan alamat Wisma Mulia 2 Lt. 25 JL. Jenderal Gatot Subroto Kav 42, Jakarta Selatan adalah tidak benar atau palsu. “Itu tidak benar, dan jelas penipuan,” tandasnya, dikutip dari unggahan OJK di media sosial, Minggu (26/9/2021).

Merespons informasi hoaks tersebut, OJK menghimbau agar masyarakat dapat lebih selektif dalam menyaring kabar yang beredar. "Pastikan untuk selalu mengecek informasi yang mengatasnamakan OJK pada kontak resmi di nomor 157 atau melalui akun media sosial resmi OJK yang sudah tercentang biru," jelasnya.

Kemudian, bagi masyarakat yang dirugikan oleh oknum kejahatan tersebut diminta untuk segera melaporkan ke kepolisian setempat atas dugaan penipuan yang terjadi.

Sumber : https://ekbis.sindonews.com/read/551312/34/hoaks-lowongan-kerja-waspada-panggilan-interview-palsu-mengatasnamakan-ojk-1632625792

Comments