Gibran soal Siber Lemah: Jangankan Diretas, Password Aja Lupa

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (CNN Indonesia/ Rosyid)

Jakarta, -- Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengakui keamanan siber di Pemkot Solo masih lemah. Pernyataan tersebut disampaikan setelah akun Instagram resmi milik Pemerintah Kota (Pemkot) Solo diretas pihak tak dikenal.

"Iya.Cybersecurity-nya perlu ditingkatkan," katanya usai menghadiri Deklarasi Desa Damai di Kelurahan Tipes, Sabtu (9/10).

Pemkot Solo bukan pertama kali ini menjadi sasaran peretas. Laman web resmi milik Pemkot Solo, surakarta.go.id, juga pernah diretas pada April 2020.

"Jangankan diretas. Pertama kali saya duduk di Pemkot, orang-orang Diskominfo (Dinas Komunikasi Informatika Statistika dan Persandian) aja lupa password," katanya.

"Akun kita ada yang hilang. Kan nganyelke (menjengkelkan)," katanya.

Meski demikian, Putra Presiden Joko Widodo itu tidak menyiapkan langkah khusus untuk mengantisipasi peretasan berikutnya. Ia hanya menyarankan agar petugas di Pemkot mengikuti langkah-langkah yang umum dilakukan untuk mengamankan akun media sosial.

"Antisipasinya ya biasanya penguatan password. Password harus sering diubah," katanya.

Sebelumnya, akun instagram resmi milik Pemkot Solo, @pemkot_solo sempat diambil alih orang tak dikenal. Peretas mengunggah foto Dwayne "The Rock" Johnson, dan gambar-gambar lucu lainnya.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Sekretariat Derah Solo, Wahyu Kristiana, Pemkot Solo kehilangan akses sejak Jumat (8/10) sekitar pukul 16.00 WIB. Peretas baru mengunggah gambar-gambar tersebut sekitar pukul 22.30 WIB.

"Awalnya, kami mengira cuma masalah di aksesnya saja. Ternyata malamnya kita baru tahu kalau itu diretas setelah ada postingan-postingan itu," katanya.

Kembali Diretas
Peretasan akun instagram resmi milik Pemkot Solo kembali terjadi setelah Pemkot berhasil menguasai akun tersebut. Peretas meminta warganet mengikuti akun @chinahackermemes sebelum akun instagram milik Pemkot diblokir.

"Teman-teman akunnya kan diblokir, tolong ikuti halaman saya yang lain dengan cepat @chinahackermemes," demikian tertera di gambar yang diunggah di akun @pemkot_solo sekitar pukul 14.00 WIB.

Gambar tersebut juga diunggah di story. Bedanya, kali ini petugas dari Pemkot masih memiliki akses di akun @pemkot_solo tersebut. Admin dari Pemkot Solo pun segera menghapus unggahan tersebut.

"Admin kami sudah menghapus postingan itu. Tapi peretas terus mengunggah postingan itu," kata salah satu staf Prokompim, Novrian Panji Sawung Jiwarka atau biasa disapa Rian.

Saat ini, konten yang tampil di akun instagram Pemkot Solo sudah kembali seperti semula. Unggahan dari peretas sudah tidak lagi tampil. Ina mengatakan akun tersebut sudah kembali di bawah kendali Pemkot Solo.

"Betul, tadi (peretas) sempat masuk lagi. Sekarang semoga sudah aman," kata Ina melalui pesan singkat.

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/nasional/20211009163911-12-705628/gibran-soal-siber-lemah-jangankan-diretas-password-aja-lupa

Comments