Hati-Hati, Google Peringatkan 14.000 Pengguna Gmail Jadi Incaran Hacker Rusia

Gmail /Pixabay

Raksasa teknologi Google mengatakan pihaknya telah memberi tahu kepada ribuan pengguna Gmail karena dapat menjadi incaran kampanye phishing dari hacker yang disponsori Rusia, dikenal sebagai APT28.

Shane Huntley, kepala divisi keamanan siber Google, Threat Analysis Group (TAG), mengatakan pihaknya baru saja membagikan peringatan "di atas rata-rata" dengan sekitar 14.000 pengguna.

“Peringatan ini menunjukkan penargetan tidak kompromi. Jika kami memperingatkan Anda, kemungkinan besar kami memblokir (pesan jahat/malicious)," kata Huntley di akun Twitternya, dikutip dari Techradar, Minggu, 10 Oktober 2021.

Dia menambahkan bahwa peningkatan jumlah di bulan ini disebabkan oleh upaya terus-menerus dari sejumlah kecil kampanye yang ditargetkan secara luas, tetapi akhirnya pesan itu diblokir.

Menurut BleepingComputer , kampanye itu terdeteksi pada akhir September 2021 dan menyumbang lebih banyak dari biasanya pemberitahuan serangan yang dikirim Google ke pengguna.

Huntley menjelaskan bahwa peringatan dari Google biasanya dikirim ke aktivis, jurnalis, pejabat pemerintah, atau orang-orang yang bekerja di struktur keamanan nasional, karena merekalah yang biasanya menemukan diri mereka berada di garis silang aktor ancaman yang disponsori negara.

Dalam pernyataan resmi Google, Huntley menegaskan kembali bahwa "100% dari email ini secara otomatis diklasifikasikan sebagai spam dan diblokir oleh Gmail."

Tapi kenapa ada notifikasi? Huntley menjelaskan bahwa peringatan tersebut berfungsi sebagai pengingat kepada orang-orang bahwa mereka berada di daftar sasaran aktor ancaman potensial dan harus mengawasi email yang mencurigakan.

Google meminta pengguna Gmail mengambil langkah-langkah untuk memperkuat akun email mereka, seperti mengaktifkan otentikasi dua faktor(2FA).***

Sumber : https://www.pikiran-rakyat.com/teknologi/pr-012768655/hati-hati-google-peringatkan-14000-pengguna-gmail-jadi-incaran-hacker-rusia?page=2

Comments