Hoaks Menimbulkan Masalah Baru 3K

Banner hoaks

Jakarta- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengatakan, hoaks dapat mempengaruhi ketahanan digital nasional dan menimbulkan masalah baru.

“Hoaks jelas mempengaruhi ketahanan digital nasional,” jelas seorang Tenaga Ahli Menteri Kominfo Bidang Komunikasi dan Media Massa, Devie Rahmawati, melansir Antara, Rabu (6/10/2021).

Devie mengatakan, masalah baru yang ditimbulkan oleh hoaks yaitu disebut sebagai 3K. Kerusuhan sosial di dunia nyata merupakan masalah pertama yang merupakan dampak dari hoaks. Misalnya, kerusuhan atau keributan antarsuku yang terjadi di Yahukimo, Papua dalam beberapa waktu lalu. Peristiwa tersebut juga memakan korban.

“Taruhannya nyawa,” ucap Devie.

Kedua, hoaks menimbulkan konflik politik yang tergambarkan pada suasana pemilihan umum presiden pada 2019 lalu.

Masalah terakhir yaitu kerugian ekonomi. Menurut Otoritas Jasa Keuangan, investasi ilegal menyebabkan kerugian masyarakat yang besar yaitu 114,9 triliun Rupiah pada 2011 hingga 2020. Hoaks yang berkaitan dengan isu ekonomi merupakan salah satu pemicunya.

Melihat masalah ini, Devie mengingatkan, ketersediaan internet tidak berhenti begitu infrastruktur telekomunikasi yang telah ditargetkan Kominfo akan selesai pada 2022. Selain itu, terdapat masalah kesenjangan kemampuan menggunakan internet.

Terkait hal ini, pihak Kominfo juga telah mengupayakan sejumlah program seperti Gerakan Nasional Literasi Digital untuk tingkat dasar, Digital Talent Scholarship untuk tingkat menengah, dan Program Digital Leadership Academy untuk pimpinan di sektorpemerintahan maupun swasta.

Amadea Claritta - Universitas Multimedia Nusantara

Sumber : https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4676971/hoaks-menimbulkan-masalah-baru-3k

Comments