Kebiasaan Baru Hidup dengan Digital

Budaya digital adalah sebuah konsep yang menggambarkan gagasan bahwa teknologi dan internet secara signifikan membentuk cara kita berinteraksi, berperilaku, berpikir dan berkomunikasi sebagai manusia dalam lingkungan masyarakat. Teknologi digital ada di mana-mana di seluruh dunia sehingga studi tentang budaya di cipta berpotensi mencakup semua aspek kehidupan sehari-hari dan tidak terbatas pada internet atau teknologi komunikasi modern.

Budaya digital indonesia dipercepat dirasakan oleh masyarakat saat pandemi Covid-19. Bagaimana seluruh aspek kehidupan menjadi online juga seluruh lapisan masyarakat masuk dalam dunia digital untuk melakukan aktivitasnya secara virtual.

I Gede Putu Krisna Juliharta, Ketua RTIK Bali mengatakan, begitu juga saat bersosialisasi kini lebih banyak dilakukan di media sosial. Media sosial diyakini sebagai budaya baru berkomunikasi yang sangat bermanfaat untuk melakukan komunikasi, edukasi, rekreasi, promosi, diseminasi, berinteraksi dan lain sebagainya. Platform berbasis internet yang mudah digunakan sehingga memungkinkan pengguna membuat dan berbagi konten berisi informasi, opini dan minat.

“Konten yang dihasilkan biru juga dalam konteks yang beragam bisa dengan tujuan informatif, edukatif, sindiran kritik dan sebagainya kepada khalayak yang lebih banyak lagi. Media sosial memang menjadi sebuah budaya baru lagi, bahwa konten adalah segalanya, bahkan kehidupan seseorang menajdi sebuah konten di Instagram atau di YouTube,” ungkapnya dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Selasa (19/10/2021).

Budaya digital yang mempengaruhi seluruh aktivitas bahkan budaya keseharian dari masyarakat. Bagaimana kini masyarakat dalam mencari sesuatu tidak bertanya lagi kepada ahlinya atau membuka buku tapi cukup membuka mesin pencari Google. Dompet juga kini menjadi barang tidak lagi utama namun smartphone lebih diunggulkan atau diutamakan oleh masyarakat sebab uang pun sudah bentuk berbentuk digital yang tersimpan dalam dompet digital.

Sumber : https://cakrawala.co/kebiasaan-baru-hidup-dengan-digital/

Comments