Kompetisi Robotik Madrasah 2021 Ditutup, Ini Daftar Pemenangnya

Para juara Kompetisi Robotik Madrasah berfoto bersama setelah mendapatkan sertifikat, medali, dan uang pembinaan. (Foto: Istimewa)
Sebanyak enam madrasah meraih juara I dalam Kompetisi Robotik Madrasah 2021 yang ditutup pada Minggu (17/10/2021) malam di Gedung Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, BSD City, Tangerang, Banten. Mereka terbagi dua kategori dalam tingkatan Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (Mts), dan Madrasah Aliyah (MA).

Pertama, untuk kategori Robot Rancang Bangun, juara I untuk tingkat MI diraih MI Al-Hudy Denpasar, Bali, tingkat Mts diraih MTsN 1 Kota Tangerang Selatan, Banten, dan tingkat MA diraih oleh MAN 2 Kota Malang, Jawa Timur. Para juara berhak mendapatkan sertifikat, medali, dan uang pembinaan sebesar Rp 12 juta, serta kit robotik.

Kategori kedua untuk Mobile Robot, juara 1 tingkat MI diraih MIN 2 Pasuruan, Jawa Timur, tingkat Mts diraih MTsN 2 Kota Kediri, Jawa Timur, dan tingkat MA diraih oleh MAN 1 Medan, Sumatera Utara. Masing-masing juara berhak mendapatkan sertifikat, medali, uang pembinaan sebesar Rp 10 juta dan kit robotik.

Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) M Ali Ramdhani mengatakan, pada kompetisi yang bertema "Robot for global pandemic" ini, sebanyak 180 tim yang terdiri dari 360 peserta tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (Mts), dan Madrasah Aliyah (MA) beradu hebat dalam merancang robot aplikatif bertema pandemi.

Menurutnya, event ini memang dirancang untuk memberi wahana kepada anak-anak madrasah dalam hal kreativitas robotik.

"Kita meyakini bentuk pendidikan terbaik bagi putra-putri kita saat ini adalah madrasah. Dengan ini kita lengkapi mereka dengan ilmu kontemporer," ujar Ramdhani dalam keterangan pers yang diterima Beritasatu.com, Selasa (19/10/2021),

Menurut Ramdhani, di masa depan, bangsa yang sukses adalah yang memiliki, menguasai, dan mengendalikan teknologi. Robotika adalah cabang sains yang akan memegang peran sentral di masa depan yang trennya mengandalkan teknologi digital dan otomasi.

Kompetisi robotik ini ditutup secara resmi oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Nizar Ali. Dalam sambutannya ia mengapresiasi madrasah yang menunjukkan performa luar biasa mengikuti tren kekinian, di samping belajar ilmu pengetahuan dan agama.

“Saat ini teknologi berkembang begitu cepat dan pandemi telah memberikan percepatan yang signifikan. Maka dari itu diperlukan inovasi yang dapat menunjang kehidupan di masa mendatang, salah satunya adalah teknologi robot,” ucapnya.

Nizar menyebutkan, teknologi robot kini telah mencakup artificial intelligence, machine learning, cyber security, dan internet of think.

"Sebagai institusi yang memayungi operasional madrasah, Kemenag wajib memberikan ruang kreasi bagi generasi madrasah, di antaranya dengan event semacam ini," katanya.

"Kami berharap anak-anak madrasah menjadi garda terdepan yang mengawal bangsa ini di era cybersecurity," tambah Nizar.

Sumber : https://www.beritasatu.com/nasional/842741/kompetisi-robotik-madrasah-2021-ditutup-ini-daftar-pemenangnya

Comments