Bahaya! Aplikasi Ini Bisa Curi Uang Kamu, Uninstall Segera

Foto: Infografis/Daftar 24 Aplikasi Berbahaya/Edward Ricardo
Jakarta, - Ada ratusan aplikasi di Android yang dikatakan berbahaya yang mampu merampok uang korbannya. Para pengguna diminta untuk menghapusnya jika ada dalam ponsel mereka.

Perusahaan software cybersecurity, Avast menemukan ada 151 aplikasi yang menjadi bagian kampanye penipuan SMS premium. Aplikasi palsu ini menyamar menjadi tools yang sah dari edit foto, filter kamera, game serta pemindai kode QR.

Avast menjelaskan alasan banyak pengguna yang tertipu dengan aplikasi jahat tersebut. Salah satunya identik dalam struktur digunakan berulang kali dan menyamar menjadi aplikasi asli lewat profil yang dibuat dengan baik di Play Store.

Foto fitur dan deskripsi aplikasi ditampilkan sangat menarik. Selain itu juga terdapat ulasan yang rata-rata tinggi.

"Namun setelah diperiksa, mereka memiliki pernyataan kebijakan privasi umum dan menampilkan profil pengembang dasar termasuk alamat email umum. Mereka juga cenderung memiliki review negatif dari pengguna yang mengidentifikasi aplikasi sebagai penipuan," jelas Avast.

Selain itu aplikasi ini ternyata diiklankan di sejumlah platform media sosial lain seperti Facebook, Instagram dan TikTok.

Modus para pelaku adalah korban bisa mendaftar ke layanan SMS mahal. BGR mencatat ini terjadi dalam waktu yang singkat sebelum korban tahu telah kehilangan uang, dikutip Selasa (2/11/2021).

Kampanye aplikasi UltimaSMS itu akan mendapatkan sejumlah data dari para korban. Seperti lokasi ponsel, nomor IMEI dan nomor untuk mengetahui kode area negara dan bahasa yang digunakan dalam penipuan.

Jadi saat pengguna membuka aplikasi, akan ditampilkan dalam layar permintaan untuk memasukkan nomor ponsel dan atau alamat email dalam bahasa yang digunakan.

Setelah memasukkan informasi, maka aplikasi akan mendaftar layanan SMS premium yang bisa bernilai hingga US$40 ( Rp 570 ribu) per bulan. Saat itu, aplikasi akan menampilkan lebih banyak pilihan atau hanya berhenti bekerja dan berikutnya korban akan mengeluarkan uang pada layanan penipuan tiap minggunya.

Google Play Store telah menghapus aplikasi berbahaya tersebut, berikut beberapa diantaranya:

Ultima Keyboard 3D Pro
VideoMixer Editor Pro
FX Animate Editor Pro
Battery Animation Charge 2021
Dynamic HD & 4K Wallpapers
RGB Neon HD Keyboard Background
AppLock X FREE
NewVision Camera
Ultra Camera HD
Wi-Fi Password Unlock
Wi-Fi Around: All Wi-Fi and Hotspots Unlock
Colorful Call Screen & Phone Flash
Waterdrinker Reminder
GT Sports Racing Online
Magic Fonts and Keyboard 2021
All Language Photo and Voice Translator Al
Crime City: Revenge
Reface Ultra
Projector HD/AR Video Editor
LivePhoto Animator
Ludo Masterpiece Online
Mobile Scanner Pro: PDF Scanner App, Scan to PDF
Magic Mix Cut - Super Video Editor
Future Scanner FREE 2021
Pro Video Downloader 2021
AmazeTranslate
Football Masters 2021
New Body Shape Editor
Call Voice Recording 2.0
Pro Tuber Ad Blocker for Video
Fitness Ultimate 2021
Wallpaper XYZ Pro
BGR mengatakan pastikan untuk tidak memilikinya dalam ponsel, namun jika ada hapus segera.

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/tech/20211102110325-37-288347/bahaya-aplikasi-ini-bisa-curi-uang-kamu-uninstall-segera

Comments