Cegah Kecurangan di CPNS 2021, BKN Gandeng Badan Siber dan Sandi Negara

Peserta Ikuti SKD CPNS Kemenko Marves. ©2021 Istimewa
Badan Kepegawaian Negara (BKN) terus menindaklanjuti laporan kecurangan yang diadukan di sejumlah titik lokasi (tilok) pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2021. Upaya ini menyikapi kasus kecurangan dilaporkan ke BKN terkait adanya indikasi kecurangan di tilok mandiri Instansi Kabupaten Buol.

"Pastinya BKN tidak menutup mata kok atas pengaduan kecurangan seleksi. Semangat kita satu buat perang kecurangan," tulis BKN dikutip dari akun instagram @bkngoidofficial, Senin (1/11).

Pemerintah memastikan tetap berkomitmen untuk memberantas upaya tindak kecurangan dalam proses seleksi. Di tengah kekhawatiran peserta saat ini, bahkan tim forensik dibantu oleh rekan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) tengah berjihad menyikapi kasus kecurangan dilaporkan ke BKN.

"Tetapi tidak berhenti disitu saja karena tim forensik bergerak ke sejumlah tilok yang menerima aduan kecurangan hasil temuan audit forensik dan penindakannya tengah berproses dan tentunya akan dirilis ke publik," ujarnya.

Dibantu Penegak Hukum

Tidak hanya itu, BKN juga mulai berkolaborasi dengan Kementerian Lembaga seperti pihak Kepolisian, Kejagung, dan Kemkominfo untuk mempercepat langkah penindakan pengungkapan kasus kecurangan.

Adapun langkah pengungkapan oknum kecurangan dalam proses seleksi sudah menjadi tahap mitigasi BKN yang selama ini untuk membantu pihak kepolisian mengungkap pelaku oknum kecurangan dan penipuan.

"Jadi tetap fokus pada tahap seleksi ya. Untuk program tindak lanjut BKN atas kecurangan seleksi tentunya akan kami informasikan berikutnya. Kalau di antara kalian juga menemukan indikasi kecurangan silakan diajukan ke lapor BKN via lapor.go.id BKN terbuka 24/7 ya," pungkasnya.

Sumber : https://www.merdeka.com/uang/cegah-kecurangan-di-cpns-2021-bkn-gandeng-badan-siber-dan-sandi-negara.html

Comments