Aplikasi Android yang Bisa Membuat Anda Perlahan Bangkrut

 

Sejumlah aplikasi di toko aplikasi ponsel berbasis Android menyimpan malware yang bisa merugikan finansial penggunanya. Foto: ist


Malware Android sama sekali bukan ancaman baru bagi miliaran pengguna aktif di seluruh dunia. Masalah keamanan platform ini benar-benar terasa semakin buruk seiring berjalannya waktu, karena penjahat siber terus meningkatkan metode perusakannya dan Google kurang cukup untuk membuat Anda terlindungi.

Contohnya, dua dari aplikasi berbahaya terbaru yang diidentifikasi oleh pakar keamanan siber Doctor Web dan publikasi berita teknologi Bleeping Computer, yang mungkin telah diizinkan untuk mencuri uang dari satu juta orang pengguna Android, sebelum akhirnya dihapus dari Play Store.

Dikembangkan oleh perusahaan palsu yang sama bernama "Tsaregorotseva", Top Navigation dan Advice Photo Power masing-masing mampu mengumpulkan 500.000 lebih dan 100.000 lebih pemasangan.

Sekali lagi, sebagian besar kesalahan terletak pada kebiasaan pengguna yang gagal mengantisipasi ancaman. Bahkan setelah serangkaian ulasan menyoroti taktik "penipuan total" dan "iklan palsu" yang dilakukan oleh setidaknya satu dari dua aplikasi yang dimaksud.

Singkatnya, tulis Phone Arena, aplikasi yang diberi nama umum dan terlihat sekilas bermanfaat ternyata memiliki tujuan berbahaya yang sama. Yakni, membuat pengguna berlangganan layanan palsu tanpa persetujuan atau sepengetahuan mereka untuk menggesek beberapa dolar dari rekening bank mereka setiap pekan.


Sayangnya, bukan hanya itu yang ditemukan salah oleh peneliti Dr.Web pada toko aplikasi Google Play pada bulan Januari. Dengan berbagai macam ancaman lain yang mencoba mencuri informasi pribadi, kata sandi, nomor telepon, dan bahkan akun Facebook dari jumlah pengguna yang tidak mungkin diperkirakan.

Secara alami, tujuan akhir untuk sebagian besar trojan ini juga adalah uang. Mulai dari rekening bank hingga kartu kredit dan mata uang kripto yang ditargetkan menggunakan berbagai mekanisme penipuan.


Berikut ini beberapa aplikasi berbahaya lainnya yang perlu Anda hapus segera jika menemukannya di perangkat Android:
- Up Your Mobile
- Morph Faces
- Power Photo Studio
- Launcher iOS 15
- Adorn Photo Pro
- Chain Reaction
- TOH
- Invest Gaz Incomes
- Gazprom Invest
- Gaz Investor

Sumber : https://www.kilat.com/news/41252/aplikasi-android-yang-bisa-membuat-anda-perlahan-bangkrut

Aplikasi Android yang Bisa Membuat Anda Perlahan Bangkrut Aplikasi Android yang Bisa Membuat Anda Perlahan Bangkrut Reviewed by Mozza Clara on March 21, 2022 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.