Beredar Video Putin Umumkan Damai dan Zelensky Minta Rakyatnya Menyerah, Simak Faktanya

 

Muncul video Volodymyr Zelensky meminta rakyatnya untuk meletakkan senjata (Foto: Ukrayina 24)


Belakangan ini muncul video hoaks di media sosial Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan damai dengan Ukraina. Setelah itu ada pula video Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky meminta rakyatnya menyerah terhadap Rusia.

Video Putin menyatakan Rusia berdamai dengan Ukraina sempat beredar selama beberapa pekan di Twitter dan dipastikan hoaks. Twitter memastikan video itu dimanipulasi.

Zelensky mengomentari dalam video di Instagram bahwa perbuatan itu adalah provokasi kekanak-kanakan.


Pusat Komunikasi Strategis Ukraina menyebut Rusia kemungkinan di balik beredarnya video palsu itu untuk melemahkan mental warga dengan meminta mereka menyerah.

Kepala kebijakan keamanan Meta, Nathaniel Gleicher, mengatakan perusahaan dengan cepat memeriksa video itu kemudian menghapusnya. Video itu masuk kategori melanggar kebijakan manipulasi yang menyesatkan.

YouTube juga sudah menghapus video itu karena melanggar aturan informasi hoaks. Penulis buku Deepfakes Nina Schick mengatakan, sangat mudah untuk menentukan video-video itu hoaks, bahkan secara kasat mata.

Menurut dia, video itu sangat kasar dan bisa dilihat dengan jelas oleh orang yang tak begitu paham teknologi sekali pun.

Peran dari perusahaan media sosial sangat besar untuk memberikan kepastian kepada pengguna.

"Platform bisa membuat kehebohan besar dalam menangani ini, ketika mereka tidak melakukan lebih banyak untuk menanganu bentuk disinformasi lainnya. Ada begitu banyak bentuk kesalahan informasi dalam perang ini yang belum dibantah," ujarnya.

Sumber : https://www.inews.id/news/internasional/beredar-video-putin-umumkan-damai-dan-zelensky-minta-rakyatnya-menyerah-simak-faktanya/2

Beredar Video Putin Umumkan Damai dan Zelensky Minta Rakyatnya Menyerah, Simak Faktanya Beredar Video Putin Umumkan Damai dan Zelensky Minta Rakyatnya Menyerah, Simak Faktanya Reviewed by Mozza Clara on March 18, 2022 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.