Bos Apple Sindir Keunggulan Android: Teman Baik Hacker Jahat

 

apple


Petinggi Apple kembali menyindir keunggulan Android dari Apple. Sindiran tersebut disampaikan oleh Senior Vice President Apple Craig Federighi dalam Web Summit 2021, ia menyebut keunggulan tersebut adalah teman baik dari penjabat siber.
Keunggulan Android yang disindir Apple adalah sideloading, ini kemampuan menginstall aplikasi dalam format APK ke perangkat Android dari situs web selain Google Play Store. Untuk memungkinkan hal ini pengguna harus mengaktifkan "Unknown Sources" di pengaturan keamanan perangkat.

Hingga kini Apple tidak mengizinkan sideloading atau menginstall aplikasi di luar App Store di iPhone dengan alasan keamanan perangkat dari serangan virus jahat. Namun rancangan Undang-Undang baru Uni Eropa bila disahkan akan membuat Apple mengizinkan hal itu.

"Sideloading adalah teman terbaik penjahat dunia maya dan mengharuskan iPhone menjadi tambang emas bagi industri malware," ujar Craigh Federighi dalam Web Summit 2021 yang berlangsung di Portugal 1-4 November ini, seperti dikutip dari The Verge, Kamis (4/11/2021).

Menurut Craigh Federighi, yang mengawasi divisi software iOS dan macOS Apple, tak diizinkannya sideloading di iPhone membuat tingkat serangan malware Apple relatif lebih rendah dari Android yang mengalami 5 juta serangan malware per bulan.

"Mengizinkan sideloading sama saja membuka pintu untuk software jahat. Penjahat itu pintar dan mereka sangat pandai bersembunyi di depan mata," terangnya.

Craigh Federighi menambahkan jika Apple mengizinkan sideloading, beberapa aplikasi jejaring sosial yang selama ini tidak bisa menghindari kebijakan perlindungan proteksi dari App Store akan hadir di perangkat melalui sideloading.

"Sideloading merusak keamanan dan membahayakan data orang," terangnya.

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/tech/20211104152154-37-289051/bos-apple-sindir-keunggulan-android-teman-baik-hacker-jahat

Comments