Google Cloud Tambah Layanan Deteksi Ancaman Malware Penambangan Kripto

 

Ilustrasi bitcoin (Foto: Kanchanara/Unsplash)

Cloud mengatakan akan menambahkan Virtual Machine Threat Detection (VMTD), yang akan membantu mendeteksi ancaman termasuk malware yang menambang mata uang kripto pada akun yang disusupi.

"VMTD adalah kemampuan deteksi pertama ke pasar dari penyedia cloud utama yang menyediakan pemindaian memori tanpa agen untuk membantu mendeteksi ancaman seperti malware penambangan kripto di dalam mesin virtual Anda yang berjalan di Google Cloud,” menurut posting blog dari Google, seperti dikutip dari CoinDesk, Selasa (15/2/2022).

Langkah ini dilakukan setelah perusahaan mengatakan pada November 2021 akun Google Cloud milik pengguna diretas dan digunakan oleh 86 persen aktor jahat untuk menambang cryptocurrency.

VMTD juga dapat melindungi pelanggan Google Cloud Platform dari serangan seperti eksfiltrasi data dan ransomware, penjelasan dalam blog tersebut.

Langkah tersebut diluncurkan sebagai pratinjau publik dan Google akan mengintegrasikan VMTD dengan bagian lain dari layanannya selama beberapa bulan ke depan.

Seperti diketahui semakin tingginya adopsi kripto di berbagai belahan dunia, membuat para penjahat digital melakukan berbagai cara untuk mendapatkan keuntungan dari aset digital ini.

Beberapa hal yang dilakukan adalah dengan meretas platform pertukaran kripto, ancaman ransomware, malware hingga peretasan akun seseorang untuk melakukan penambangan kripto.

Sumber: https://www.liputan6.com/crypto/read/4887560/google-cloud-tambah-layanan-deteksi-ancaman-malware-penambangan-kripto


Comments