Hindari Virus 'NoReboot' dan Kejahatan Siber pada Smartphone, Begini Caranya!

 

Ilustrasi ponsel kehilangan sinyal. /Pexels/Polina Zimmerman


Penjahat siber mengembangkan virus yang diberi nama 'NoReboot' sebagai alat untuk melakukan penyadapan pada ponsel pintar (smartphone).

Virus ini akan menyerang smartphone dengan cara melakukan restart otomatis layaknya sedang melakukan pembaharuan sehingga pengguna seringkali tidak menyadari.

Virus 'NoReboot' menjadi bukti bahwa penjahat siber pada smartphone terus berkembang seiring berkembangnya fasilitas keamanan yang diberikan.

Ketika virus 'NoReboot' berhasil masuk ke dalam smartphone, maka sebuah sinyal palsu muncul di tampilan layar yang dapat menghentikan aktivitas.

Beberapa saat kemudian layar smartphone akan memunculkan tanda proses reboot (menghentikan aktifitas pada ponsel).

Ketika proses ini terjadi, maka penjahat siber telah sukses melakukan aksinya dan dapat memata-matai pengguna melalui kamera atau mikrofon.

Untuk menghindari potensi kejahatan tersebut berikut tim Arahkata rangkum pada Senin 14 Maret 2022 tips yang dapat digunakan untuk mencegah terjadi penyadapan di smartphone.

1. Jangan biarkan orang sembarangan memegang ponsel

Seorang penjahat siber akan sulit melakukan infeksi pada smartphone dari jarak jauh daripada jika mereka memiliki akses langsung terhadap smartphone.

Berhati-hati agar jangan sampai membiarkan orang yang tidak dikenal memegang ponsel terutama dalam waktu yang lama.

Karena proses penyerangan awal terjadi dikala penjahat siber memiliki akses langsung terhadap ponsel untuk memasukan suatu perangkat pendukung pada smartphone.

2. Tertipu dengan aplikasi

Hindari melakukan install aplikasi dari situs atau penyedia yang tidak dikenal. Karena banyak pengguna yang lalai dan secara tidak langsung sukarela menginstal malware di ponsel mereka.

3. Jangan pernah melakukan Root

Melakukan root pada smartphone akan mematikan keamanan cerdas yang dimiliki. Root dapat memudahkan malware masuk ke ponsel dengan mudah.

4. Unggah antivirus

Lakukan unggahan antivirus yang dapat mencegah dari masuknya trojan ke dalam sistem.

5. Biarkan mati secara alami

Hadirnya virus ReBoot yang dapat memalsukan proses restart dapat dengan mudah menipu pengguna.

Biarkan smartphone melakukan proses mati secara alami dengan membiarkan smartphone kehabisan daya.

Proses mati secara alami dapat menghilangkan malware tersebut dan mata-mata akan menghilang dari sistem.

Untuk mempercepat prosesnya dapat membuka aplikasi yang membutuhkan banyak daya agar smartphone segera mati secara alami.***

Sumber : https://arahkata.pikiran-rakyat.com/saintek/pr-1283970346/hindari-virus-noreboot-dan-kejahatan-siber-pada-smartphone-begini-caranya?page=3

Comments