Huawei Siap Dukung Penguatan Keamanan Cyber Indonesia

 

Kantor Huawei. Foto: Tyrone Siu/Reuters

CEO Huawei Indonesia Jacky Chen, dalam perhelatan CyberHubFest2022 yang didukung oleh Huawei, menyatakan pihaknya siap mendukung penguatan keamanan siber untuk menghadirkan proteksi terbaik bagi ekosistem digital Indonesia melalui pengetahuan, pengalaman dan berbagai praktik terbaik yang dimiliki Huawei.
"Sebagai suatu komunitas, kita dapat juga memperkuat keamanan siber dan proteksi terhadap privasi secara efektif dengan berbagi pengetahuan mengenai berbagai praktik terbaik serta membangun koalisi yang lebih erat," ujar Jacky Chen, Senin (07/02/2022).

Jacky Chen menyebut dukungan Huawei terhadap gelaran CyberHub Fest dua tahun terakhir kiranya dapat menjadi bukti nyata komitmen Huawei terhadap isu keamanan siber, bukan hanya dari segi teknologi melainkan juga dari sisi peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

"Huawei berharap, seluruh pemangku kepentingan pemanfaatan dan pengamanan ranah siber dapat bahu-membahu mendukung BSSN memperkuat garis depan keamanan siber," imbuh Jacky Chen.

Di pihak lain, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian saatCyberHub Festdari ruang kerja kantor BSSN Sawangan, Senin (07/02/2022), menyatakan bahwa Keamanan siber menjadi isu prioritas berbagai negara karena teknologi informasi dan komunikasi (TIK) kini jadiplatformberjalannya dan pemenuhan berbagai aspek kehidupan. Hal itu diungkap

"Perlu disadari risiko kerawanan dan ancaman terhadap keamanan siber berbanding lurus dengan tingkat pemanfaatan TIK, semakin tinggi interaksi kita dengan internet semakin tinggi juga risiko kita mengalami insiden," ungkap Hinsa.

Hinsa menyatakan hingga saat ini BSSN telah menjalin kerja sama bidang keamanan siber dengan berbagai instansi pemerintahan maupun dengan kalangan industri seperti Huawei serta asosiasi dan berbagai penyedia platform digital.

"Saya memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada berbagai pihak yang telah berkontribusi dalam upaya pengelolaan maupun literasi keamanan ranah siber. Saya juga berharap sinergi antar pemangku kepentingan keamanan siber dapat terjalin semakin harmonis untuk mendukung kemajuan dan kesejahteraan bangsa dan negara," kata Hinsa.

CyberHubFest2022 merupakan kolaborasi nyata antara ekosistem quad-helix yang meliputi penyelenggara negara, pelaku usaha, akademisi dan komunitas.
CyberHubFest2022 berlangsung 7-11 Februari 2022.WebinarCyberHubFest2022 hari pertama bertemaCurrent Cybersecurity Trend and Future Challengesdan terbagi menjadi dua sesi.

Sesi pertama menghadirkan Deputi VII Kemenkopolhukam Arif Mustofa, Direktur Kamsibersan Industri BSSN Intan Rahayu, Ketua ACCI Alex Budiyanto, Direktur Strategi Kamsibersan BSSN Sulistyo, Rektor IT Del Arnaldo Maruliua Sinaga,Cybersecurity & Privacy Protection OfficerHuawei Indonesia,Syarbeni, dan Asisten Deputi VII Kemenkopolhukam, Sigit Priyono.

Sesi kedua menghadirkan Dirjen SDDPI Kemkominfo Ismail, Direktur Kebijakan Teknologi Kamsibersan BSSN Soetedjo Joewono, Co-Chair OIC CERT 5G Security Working Group Aloysius Cheang, Direktur Standarisasi Perangkat Informatika Kemkominfo Mulyadi, VPNetwork Infrastructure & Security Operation Telkomsel Rahmat Novalianto, dan Sekretaris IndonesiaCyber Security ForumSatriyo Wibowo.

Sumber : https://inet.detik.com/security/d-5943122/huawei-siap-dukung-penguatan-keamanan-cyber-indonesia

Huawei Siap Dukung Penguatan Keamanan Cyber Indonesia Huawei Siap Dukung Penguatan Keamanan Cyber Indonesia Reviewed by Mozza Clara on March 01, 2022 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.