Peluang Perempuan di Bidang Keamanan Siber Masih Terbuka Lebar

 

Ilustrasi Keamanan Siber, Kejahatan Siber, Malware. Kredit: Elchinator via Pixabay





Microsoft dan Prestasi Junior Indonesia berkolaborasi menggelar seminar edukasi kesiapan kerja daring bertajuk "Women in Cybersecurity" sejalan dengan momentum Hari Perempuan Internasional.

Ajang ini menargetkan terutama para pelajar, yakni siswi SMA/SMK dan mahasiswi Indonesia pada Sabtu (12/3/2022) mendatang. Ajang ini diharapkan dapat menjadi langkah awal penting dan inspiratif bagi talenta perempuan untuk memahami peluang pekerjaan bidang keamanan siber.

"Pemerintah melalui Badan Siber dan Sandi Negara menyambut baik upaya yang dilakukan Microsoft bersama Prestasi Junior Indonesia untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia Indonesia yang inklusif di bidang keamanan siber," ujar Mohamad Ikro, Direktur Kebijakan SDM Keamanan Siber dan Sandi Badan Siber dan Sandi Negara dikutip dari rilis pers, Rabu (9/3/2022).

Ikro menilai, para pelajar yang menjadi target acara ini adalah generasi Z dan merupakan kelompok masyarakat yang paling banyak terhubung dengan internet. Kondisi ini, menurut dia, lantas membuat mereka memiliki risiko paling besar untuk terpapar kejahatan siber.

Oleh karena itu, kata dia, partisipasi mereka di ajang ini dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan mereka mengenai praktik aman beraktivitas di dunia siber, sambil memotivasi mereka untuk mengembangkan kompetensi dan meniti karier di bidang keamanan siber.

"Hal ini nantinya dapat membantu meningkatkan inklusivitas dan keberagaman talenta dalam memperkuat sektor keamanan siber Indonesia di masa depan," tutur Ikro.

Sumber : https://www.liputan6.com/tekno/read/4906193/peluang-perempuan-di-bidang-keamanan-siber-masih-terbuka-lebar

Comments