Penipu Temukan Cara Instal Aplikasi Berbahaya di Perangkat iOS

 

Penipu menemukan cara menginstal aplikasi berbahaya di perangkat iOS.

Jakarta: Sejumlah pihak masih meyakini bahwa berkat perlindungan yang diterapkan Apple, perangkat karyanya, seperti iPhone dan iPad, kebal terhadap malware. Namun selama beberapa tahun terakhir, banyak laporan yang membuktikan bahwa asumsi tersebut salah.

Bahkan, baru-baru ini, unggahan blog oleh perusahaan penelitian keamanan Sophos mengungkap sejumlah cara baru yang dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan siber. Menurut laporan tersebut, meski dilindung strategi taman bertembok Apple, penipu berhasil memanfaatkan dua fitur yang telah tersedia di iOS.

Salah satu fitur tersebut adalah Test Filght, yang memungkinkan pengembang untuk menciptakan aplikasi dan pengujian beta untuk aplikasi tersebut tanpa perlu melalui proses pengkajian atau review aplikasi lengkap.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?HappyInspireConfuseSad
Laporan ini mengklaim bahwa sejumlah penipu memanfaatkan fitur tersebut untuk menciptakan situs palsu yang seolah merupakan perusahaan resmi, dan mendorong aplikasi ke Test Flight sehingga pengguna tidak curiga dan mengunduh aplikasi tersebut.

Metode lainnya yaitu melibatkan WebClips, yang memungkinkan pengguna menambahkan situs pada homescreen, sehingga mereka dapat mengaksesnya secara lebih cepat. Penipu tersebut bahkan menciptakan logo untuk situs menyerupai logo yang digunakan aplikasi resmi.

Dengan demikian, pengguna yang tidak memperhatikan dengan seksama akan memilih untuk meluncurkan aplikasi ini, sehingga berpotensi untuk memasukan informasi sensitif yang berpotensi untuk dicuri.

Kedua metode ini dapat dengan mudah dideteksi oleh pengguna yang lebih memahami teknologi, namun jika tidak yakin, pengguna perangkat iOS disarankan untuk memastikan bahwa unduhan berasal langsung dari toko aplikasi iOS Apple, App Store.

Sumber : https://www.medcom.id/teknologi/news-teknologi/RkjvrdVk-penipu-temukan-cara-instal-aplikasi-berbahaya-di-perangkat-ios

Comments