Situs Terkait COVID-19 Berisi Malware, Badan Siber Sandi Negara Berikan Tips

 

Ilustrasi virus yang menginfeksi perangkat.* /PIXABAY


Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia (BSSN) telah memperingatkan pengguna internet untuk waspada terhadap situs-situs yang memuat informasi virus corona.

Menurut BSSN, di tengah merebaknya isu wabah virus corona, banyak threat actor (pengancam) yang memanfaatkannya dengan menyebarkan malware atau ransomware yang bisa mengancam perangkat pengguna.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com berikut ini langkah-langkah pencegahan infeksi malware atau ransomware terkait situs atau aplikasi COVID-19:

1. Hindari mengunjungi situs yang tidak diketahui reputasinya serta selalu waspada untuk tidak mengklik tautan dari sumber yang tidak dapat diverifikasi kebenarannya.

2.Pastikan hanya menginstal aplikasi Android yang sudah terverifikasi (melalui PlayStore) dan perhatikan track record dari pengembang sebelum melakukan instalasi aplikasi.

3.Pastikan perangkat mobile Anda dilengkapi dengan antivirus dengan definisi yang termutakhir (up-to-date).

4.Periksa terlebih dahulu mengenai keabsahan aplikasi mobile yang akan diinstalasi ke perangkat Anda, pastikan sudah di-scan dengan AntiVirus atau sudah diperiksa pada database malware (misalnya VirusTotal) untuk dicek signature-nya.

5.Memperhatikan permission (perizinan) yang akan diinstal, pastikan permission sesuai dengan fungsi aplikasi tersebut.

6. Lakukan pencadangan data secara berkala pada media penyimpanan yang berbeda untuk memastikan bahwa data Anda tetap aman dan dapat dipulihkan jika perangkat anda terinfeksi oleh ransomware.

Sumber : https://www.pikiran-rakyat.com/teknologi/pr-01355272/situs-terkait-covid-19-berisi-malware-badan-siber-sandi-negara-berikan-tips?page=all

Comments