UMP Terjunkan Relawan Psikososial Dampingi Warga Terdampak Banjir

 

UMP Terjunkan Relawan Psikososial Dampingi Warga Terdampak Banjir


Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Banyumas, Jawa Tengah melalui Fakultas Psikologi menerjunkan relawan psikososial bagi anak-anak yang terdampak bencana banjir. Beberapa titik diantaranya di Desa Gebangsari dan Desa Karangpetir Banyumas, Jawa Tengah.


“Jumlah relawannya yang ada disana untuk psikososial ada 8 orang. Kita berangkat respon, kemarin hari rabu 16 Maret sampai hari ini,” katanya, Senin (21/3/2022).

Dalam kegiatannya, mereka melakukan pendampingan psikososial dengan fungames untuk anak mulai pagi dan sore hari. Pendampingan belajar, rapid asesmen terkait kondisi anak, ibu, dan lansia serta membantu di dapur umum MDMC.

“Ada beberapa titik desa juga selain ini, diantaranya Desa Gumelar Lor dan Plangkapan, selain itu diberbeda kecamatan juga ada yang terkena banjir, salah satunya Kecamatan Sumpiuh, tapi untuk Kemranjen sekarang sudah aman. Ini semuanya masuk Kabupaten Banyumas,” jelasnya.

Sementara itu, mahasiswa lain sebagai Anggota Bidang Tanggap Darurat Nandha Tasha Miftakhusyifa mengatakan, di pos pelayanan Desa Gambasari terdapat anak – anak dengan kisaran umur 3-10 tahun.

“Kami datang disambut dengan ramah oleh para penyintas, kami memberikan pendampingan belajar pada mereka, diselingi dengan fun games sehingga anak anak tetap nyaman dan enjoy. Kami juga melakukan hafalan doa doa harian. Anak anak terlihat sangat antusias, dan orang tua berterimakasih dengan kehadiran kami mengurangi kebosanan anak anak dan mengurangi bermain gadget,” pungkasnya. (tgr)


Sumber : https://suaramuhammadiyah.id/2022/03/21/ump-terjunkan-relawan-psikososial-dampingi-warga-terdampak-banjir/

Comments