5 Penyebab Laptop Ngelag yang Bikin Kesal dan Cara Mengatasinya

 

Ilustrasi Laptop/https://unsplash.com/Windows


Pada Era digital saat ini banyak perubahan yang sudah terjadi, mulai dari smartphone hingga laptop. Apalagi saat ini banyak orang yang membutuhkan laptop untuk mengerjakan tugas, seperti pekerjaan atau tugas sekolah. Tetapi, kecanggihan tersebut tidak membuat beberapa barang elektronik menjadi sempurna.

Mungkin kamu pernah mengalami laptop yang ngelag, dan mungkin kamu akan bertanya mengapa laptop menjadi sangat lambat atau ngelag. Laptop yang ngelag tiba tiba tentu akan mengganggu pekerjaan dan mengganggu produktivitas sehari hari.

Laptop yang ngelag ternyata dapat terjadi karena ada perubahan prosesor atau terinfeksi malware dan mungkin memiliki sistem operasi yang ketinggalan jaman. Jika kamu memiliki laptop yang lebih tua mungkin ada baiknya untuk mengganti hard drive atau kartu memori. Berikut beberapa alasan paling umum laptop ngelag yang sering terjadi:

1. Banyak Program yang Berjalan

Jika laptop kamu menjadi lambat salah satu penyebab yang paling umum adalah terlalu banyak aplikasi atau program yang sedang berjalan. Cara termudah untuk melakukan atau mengatasi hal ini yaitu dengan menutup program sebanyak mungkin, beberapa program juga dapat memakan kekuatan pemrosesan laptop dan membuatnya menjadi lebih lambat.

2. Terlalu Banyak Program Startup

Mungkin kamu juga memiliki terlalu banyak program yang terbuka saat mulai laptop, beberapa program ini akan minta izin untuk dijalankan saat kamu membuat laptop sehingga akan lebih sering menggunakan nya. Akan tetapi, ada beberapa program yang secara otomatis akan berjalan setiap kali tanpa menyalakan laptop.


3. Tidak Memperbaharui Sistem Operasi

Selanjutnya kamu tahu tidak atau belum memperbaharui sistem operasi, jika kamu belum memperbaharui sistem operasi mungkin akan kehilangan pembaruan driver dan tambalan perangkat lunak baru. Hal ini dapat memperlambat laptop dan membuatnya tidak terlindungi dari kerentanan dan keamanan yang digunakan peretas untuk menginveksi komputer.

4. Laptop Terinfeksi Malware

Jika kamu melihat iklan pop up di laptop atau program yang berhenti secara acak, laptop mungkin terinfeksi malware yaitu perangkat lunak yang berbahaya. Laptop dapat terinfeksi saat kamu membuka email dari pengirim yang tidak dikenal atau mengunduh file dari situs web yang mencurigakan. Ada berbagai jenis mawar yang dapat menyebabkan laptop melambat karena berbagai alasan, beberapa mawar juga dapat menginveksi memori laptop serta menyebar ke program dan file di laptop.

Advertisement


5. Terlalu Banyak File Sementara

Sementara disimpan di laptop dan setiap kali kamu akan membuat atau memodifikasi file tersebut, biasanya call call inilah memiliki nama yang di ahiri dengan “.tmp” atau dimulai dengan tanda tilde ataau dollar. Lalu sementara biasanya akan dihapus setelah kamu menutup program atau aplikasi.

Cara Mengatasi Laptop Ngelag

Restart laptop.
Selalu cek update untuk laptop.
Hapus file dan program yang lama.
Manfaatkan penyimpanan cloud.
Selalu mengecek virus.
Laptop nya ngelag tentu menghambat dan mengganggu aktivitas selain itu juga dapat memperlambat beberapa tugas harian. Akan tetapi kamu dapat mengatasi masalah ini dengan merestart atau mengapdet laptop, jika kamu mengalami kendala pada laptop ada baiknya untuk diperbaiki ke teknisi yang berpengalaman.


Comments