Ciri-Ciri ATM Dipasangi Alat Skimming yang Bisa Membobol Rekening Tiba-Tiba, Banyak Ditemui di Lokasi Ini

 

Hati-hati, ketahui ciri-ciri ATM dipasangi alat skimming yang bisa membobol rekening tiba-tiba. /Twitter/@secgron



Saat ini banyak tindakan kriminal dengan berbagai trik kejahatan yang perlu diwaspadai, salah satunya pembobolan ATM dengan alat skimming.

Banyak orang yang telah menjadi korban pembobolan ATM hingga uang yang ada di rekening tiba-tiba terkuras padahal tidak pernah melakukan penarikan uang tunai.

Untuk bisa membobol rekening, para penjahat biasanya memasang alat skimming di ATM secara tersembunyi.

Karena dipasang secara tersembunyi, banyak pengguna ATM yang tidak menyadari keberadaannya sehingga tak sadar jika informasi pribadi seperti pin ATM telah terekam oleh alat skimming.

Untuk menghindari kejahatan perbankan tersebut serta agar uang di rekening tak dibobol tiba-tiba, ketahui ciri-ciri ATM yang dipasangi alat skimming.

Ciri-ciri ATM dipasangi alat skimming ini sebagaimana disampaikan oleh Teguh Aprianto, Cyber Security Consultant dan Founder dari Ethical Hacker Indonesia.

Menurut Teguh Aprianto, cara kerja skimming ini yakni di bagian mulut tempat memasukkan kartu ATM dipasangi alat untuk merekam data kartu.

Kemudian di bagian atas penutup tombol ATM telah diletakkan kamera untuk merekam pin ATM.

Bagian atas atau langit-langit penutup tombol ATM adalah seperti gambar berikut.

"Cara kerja skimming itu di bagian mulut tempat kamu masukin kartu dipasang sebuah alat untuk utk merekam data kartu kamu. Lalu di bagian atas penutup tombol atm diletakkan kamera untuk meng-capture pin atm kamu," tulis Teguh Aprianto, dikutip PortalJember.com dari cuitan Twitter-nya @secgron pada 9 Januari 2021.

Teguh Aprianto pun menyarankan agar setiap akan bertransaksi di ATM manapun, pastikan untuk meraba langit-langit atau penutup tombol ATM sebelum menekan tombol pin ATM.

Jika ingin lebih praktis dan aman, maka lakukan transaksi secara cardless atau tanpa kartu.

Selain bertransaksi secara cardless, cara paling aman lainnya yaitu dengan memisahkan rekening utama dengan rekening untuk transaksi.

Setiap orang perlu waspada untuk menghindari terjadinya kejahatan skimming ini agar rekening atau ATM tidak kebobolan.

Meski bisa terjadi di mana saja, Teguh Aprianto mengatakan mesin ATM yang paling rawan terjadi kejahatan skimming biasanya ada di tempat sepi dan SPBU.

"Mesin ATM yg selama ini paling rawan skimming itu biasanya yg di tempat sepi dan juga SPBU. Jadi ketika melakukan transaksi menggunakan kartu di tempat-tempat tersebut sebaiknya hati-hati," cuitnya lagi pada 27 Maret 2022.

Ingat juga bahwa kejahatan skimming ini bisa terjadi di ATM bank manapun.***

Sumber : https://portaljember.pikiran-rakyat.com/ekonomi-bisnis/pr-164154388/ciri-ciri-atm-dipasangi-alat-skimming-yang-bisa-membobol-rekening-tiba-tiba-banyak-ditemui-di-lokasi-ini?page=all

Comments