[HOAKS] Putin Marah Karena Kapal Minyak Pertamina Dijarah Denmark

 

Presiden Rusia Vladimir Putin.(GETTY IMAGES via BBC INDONESIA)


Beredar unggahan video di media sosial Facebook yang diklaim memperlihatkan kemarahan Presiden Rusia Vladimir Putin saat mengetahui kapal minyak Pertamina dijarah oleh Denmark.

Video itu menampilkan rekaman ketika beberapa orang menghadang kapal Pertamina.

Video diikuti dengan rekaman Putin berpidato, yang disebut marah terhadap peristiwa tersebut. Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com,
klaim tersebut tidak benar alias hoaks.


Narasi yang beredar Video yang diklaim memperlihatkan kemarahan Putin saat mengetahui kapal Pertamina dijarah oleh Denmark dibagikan di Facebook oleh akun ini.

Akun itu membagikan video berdurasi 29 detik. Berikut narasi yang dibagikan dalam video itu: Akhirnya Putin Mendengar Berita kapal Pertamina Indonesia Di Jarah oleh Denmark (pada scene ini terlihat beberapa orang menghadang kapal Pertamina sambil membentangkan tulisan "Oil Fuels War").

Mengapa Engkau Berani jarah kapal Adikku Pertamina Indonesia Kau cari masalah dengan ku (pada scene ini terlihat Putin sedang berpidato dari balik meja kerjanya, terdapat bendera Federasi Rusia dan bendera Presiden Rusia). Video itu sudah disukai 10 ribu kali, dan mendapatkan 1.400 komentar.

sumber : https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/04/07/084327382/hoaks-putin-marah-karena-kapal-minyak-pertamina-dijarah-denmark.

Comments