Kian Canggih, Hacker Gunakan Situs Belanja Online Palsu untuk Gasak Rekening Nasabah Bank

 

Kian Canggih, Hacker Gunakan Situs Belanja Online Palsu untuk Gasak Rekening Nasabah Bank. (Foto:celebrities.id/Freepik)



Modus peretasan semakin kreatif. Laporan terbaru menyebut bahwa para hacker menggunakan aplikasi belanja berbahaya untuk mencuri detail nasabah bank di Malaysia.

Melansir Ubergizmo, Kamis (7/4/2022), dalam menjalankan aksinya, para hacker terlebih dahulu mengembangkan situs web yang tampak asli, namun sebenarnya palsu.

Situs web ini dirancang untuk meyakinkan pengguna supaya mau mengunduh file yang berisi malware. Menurut perusahaan keamanan siber, Slovakia ESET tampilannya sangat mengesankan, benar-benar mirip dengan yang aslinya.

Adapun situs web yang dipalsukan adalah MaidACall, Maideasy, YourMaid, Maid4u, Maria's Cleaning, dan Grabmaid. Selain itu turut juga situs bernama PetsMore yang merupakan toko hewan peliharaan online untuk pengguna Malaysia.

Lewat situs-situs palsu ini, para hacker berusaha mencuri kredensial perbankan. Selanjutnya, aplikasi ini dapat mengakses dan meneruskan semua pesan SMS dengan kode 2FA dari bank ke peretas yang mengoperasikan malware.

Kasus peretasan ini ditemukan di Malaysia dan bukan tidak mungkin ini juga akan berkembang ke negara lainnya. Selanjutnya, para peretas menyasar nasabah Bank Hong Leong, Bank Islam Malaysia, BSN, dan RHB.

Selain itu, hacker juga melakukan phising terhadap kredensial perbankan nasabah CIMB Bank, Public Bank Berhad, Affin Bank, dan Maybank. Detail kemudian masuk ke server yang dikendalikan oleh mereka untuk kemudian saldo akan dikuras habis.

Sumber : https://www.celebrities.id/read/kian-canggih-hacker-gunakan-situs-belanja-online-palsu-untuk-gasak-rekening-nasabah-bank-dP1K48

Comments