Penerapan Pengamanan Siber dengan Teknologi SIEM dan SOAR Terus Diperluas

 

Ilustrasi alur dari upaya yang dilakukan dalam pelaksanaan pengamanan siber.



Membangun cybersecurity atau pengamanan siber yang kuat dan bebas kekacauan sangatlah penting. Bagi sebuah perusahaan, di era seperti sekarang ini menjadi prioritas agar berhasil meminimalkan gangguan via peningkatan visibilitas dengan fokus untuk tetap aman.

"Kebutuhan sejumlah korporasi di sektor teknologi cybersecurity, detection, and response pun kini memang terus meningkat," kata Direktur Operasional Logsign, Kamis (7/4/2022).

Untuk itu, kata dia, pihaknya yang fokus di Security Information, dan Event Management (SIEM) dan Security Orchestration, Automation, dan Response (SOAR) solution, ini terus memperluas jaringannya.

"Kami menunjuk Optima Solusindo Informatika memperkenalkan Logsign platform untuk Perusahaan Menengah maupun Perusahaan Besar di Indonesia," kata dia.

Ia mengatakan, platform Logsign yang komprehensif mudah untuk digunakan dan memiliki arsitektur NoSQL dan HDFS di dalamnya. Ini dirancang untuk memastikan penyimpanan yang efisien, pengelompokan, dan akses cepat ke data yang tersimpan secara langsung, otomatisasi untuk operasi dan respons insiden.

Pihaknya secara aktif memberikan layanan kepada lebih dari 600 Usaha Kecil Menengah secara global. Solusi SIEM all-in-one next generation kami terutama berfokus pada deteksi real-time, respons dan analisis keamanan. Logsign, kata dia, menyatukan tampilan dan pemantauan cloud dan data lokal, menyelidiki secara real time dan mendeteksi IOC dengan berbagai teknik korelasi, meningkatkan kesadaran melalui dashboard berorientasi keamanan yang dirancang dengan cerdas, dan memberikan pemahaman yang jelas tentang data mesin.

"Ini memungkinkan wawasan yang andal dan dapat ditindaklanjuti real time," kata dia.

Managing Director Optima Solusindo Informatika Refany mengatakan, teknologi SIEM dan SOAR bukanlah hal baru tetapi apa bagi pihaknya ini merupakan pertumbuhan kebutuhan yang besar.

Ia mengatakan, jalinan kerjasama ini melengkapi teknologi lain dalam portofolio Optima seperti end-point security, backup solution, disaster recovery solution, dan privilege access management.

"Setelah meneliti teknologi yang dimiliki Logsign dan pasar di Indonesia secara ekstensif kami yakin dengan Logsign sebagai mitra kami untuk melakukannya," kata dia.

Sumber : https://www.republika.co.id/berita/r9zqeq456/penerapan-pengamanan-siber-dengan-teknologi-siem-dan-soar-terus-diperluas

Comments