Polisi Tangkap Pengeroyok Ade Armando, Pengamat IT: Sudah Doxxing, Aparat Berlindung di Akun Anonim

 

Ade Armando di tengah-tengah pendemo pada Senin 11 April 2022 /Foto: Tangkapan layar/video amatir warganet Twitter/



Polisi mengumumkan telah menangkap dua tersangka pengeroyok pegiat sosial yang juga akademisi UI Ade Armando pada Rabu, 13 April 2022.

Ade Armando dikeroyok dan dianiaya hingga babak belur oleh beberapa orang saat berada di antara mahasiswa saat demo di depan gedung DPR/MPR pada Senin, 11 April 2022.

Beberapa saat setelah peristiwa pengeroyokan dan penganiayaan Ade Armando beredar tiga foto dan alamat orang-orang yang diduga pelaku.

Sebuah akun anonim @P3nj314j4h_id mengunggah foto, nama dan alamat yang dituduh sebagai pelaku.


Tetapi tak lama sesudah foto tersebut beredar di media sosial, ada sanggahan dari salah satu pemilik foto dengan nama dan alamat yang disebarkan melalui ketua RT dari wilayah Lampung.

Menanggapi hal tersebut, Teguh Aprianto seorang Cyber Security Consultant dan Founder of Ethical Ade Armando di tengah-tengah pendemo pada Senin 11 April 2022 /Foto: Tangkapan layar/video amatir warganet Twitter/
Indonesia melalui akun twitternya @secgron mengungkap bahwa aparat telah melakukan doksing, menyebarkan informasi pribadi.

"Mas-mas ini padahal seharian lagi di rumah dan ga kemana-mana tapi udah keburu jadi korban doxxing," kata Teguh Aprianto dengan mengunggah akun anonim yang memuat para terduga pelaku pada Senin, 11 April 2022.

Teguh menjelaskan keluarnya data pribadi seseorang bersumber dari data e-KTP. Data tersebut hanya bisa diakses oleh aparat.

"Datanya dari mana? Teknologi face recognition punya polisi. Foto dan alamat bersumber dari data di KTP. Kok bisa akun anonim bisa punya dan menyebarkan data ini? YNTKTS," sebut Teguh Aprianto.

Teguh menyebut kasus seperti ini pernah terjadi juga di New Jersey, Amerika.

"Bedanya di Indonesia orang yang belum terbukti bersalah tapi malah udah didoxxing duluan sama aparat," katanya lagi.

"Yang lebih memalukan lagi aparatnya berlindung di balik akun anonim. Cupu banget emang," sebut Teguh lagi.

Sumber : https://seputartangsel.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-144245246/polisi-tangkap-pengeroyok-ade-armando-pengamat-it-sudah-doxxing-aparat-berlindung-di-akun-anonim?page=all

Comments