Cara Menjaga Keamanan Data

 

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony 

Cara Menjaga Keamanan Data
Saat ini di dunia dimana teknologi informasi menjadi suatu hal yang tidak baru lagi, terdapat banyak kasus yang melibatkan keamanan siber. Keamanan siber adalah praktik yang dilakukan untuk melindungi sistem, jaringan, dan program dari serangan digital. 

Serangan-serangan ini ditujukan untuk mengakses, mengubah, menghancurkan informasi sensitif, memeras uang dari pengguna ataupun mengganggu proses bisnis normal. Namun meskipun begitu, terdapat berbagai cara untuk melindungi keamanan data kita agar tidak diretas oleh pihak lain.

Yang pertama adalah sering mengganti password akun, selain itu password yang diganti haruslah kuat dengan menggunakan huruf kapital dan simbol lainnya. 

Hal ini dapat membuat password semakin sulit untuk diretas oleh peretas. Yang berikutnya adalah menggunakan multifactor authentication, yakni dengan memberikan setidaknya 2 lapis keamanan pada akun yang akan dilindungi. 

Hal ini dapat membantu untuk mencegah adanya peretasan karena autentikasi ini mewajibkan anda untuk memberikan 2 bukti identitas atau lebih untuk memasuki akun anda. 

Setelah itu jangan pernah membuka tautan dari sumber yang tidak terpercaya, banyak peretas sering menggunakan metode ini untuk mengakses data pribadimu. Oleh karena itum sangatlah penting untuk memastikan keaslian dari sumber tersebut sebelum membukanya. 

Selain itu, kita juga bisa menggunakan VPN (Virtual Private Network) untuk memastikan keamanan data kita. Hal ini karena data dapat dengan mudah diakses oleh orang lain jika kita menggunakan jaringan publik. 

Banyak perusahaan menyediakan VPN bagi pekerja mereka agar bisa bekerja jarak jauh. Caranya yakni dengan memastikan akses yang dilakukan menggunakan perangkat pribadi selama berada di luar kantor telah dibatasi hanya ke kanal yang terenkripsi sama perusahaan. 

Peretas juga sering mencoba untuk menipu orang untuk membagikan informasi yang dimiliki dengan berpura-pura menjadi kenalan atau teman orang tersebut. 

Oleh karena itu jangan sekalipun langsung memercayai permintaan tersebut walaupun permintaan tersebut terlihat dapat dipercayai, pastikan untuk meneliti dulu sebelum melakukan tindakan. Cobalah untuk memastikan jika dia merupakan seorang kenalan dengan memberikannya pertanyaan. 

Di dunia maya ini, informasi yang penting dapat dengan mudahnya diretas oleh pihak lain jika tidak adanya tindakan untuk melindungi data tersebut. Oleh karena itu, marilah kita sekarang memberikan waktu kita untuk memastikan keamanan data terhadap serangan peretas agar data pribadi yang kita miliki dapat tersimpan dengan aman. 

Sumber : https://www.kompasiana.com/firmanhendra2341/628c26c3f1f298015421b373/cara-menjaga-keamanan-data?page=2&page_images=1

Comments