Hindari Serangan Siber, Diskominfo Siap Bentuk Tim CSIRT


 Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tangerang akan mulai mempersiapkan pembentukan tim Computer Security Incident Response Team (CSIRT) guna meningkatkan sistem keamanan data dan informasi.


Dalam rapat koordinasi Teknologi Informasi dan Komunikasi, Kamis (12/5/22) yang dibuka langsung oleh Kepala Diskominfo Kabupaten Tangerang, Nono Sudarno, mengatakan pembentukan tim tersebut bertujuan untuk mengurangi resiko serangan siber dalam pemerintahan daerah yang berbasis elektronik.

"Tim CSIRT itu nantinya beranggotakan tim IT dari tiap-tiap perangkat daerah. Mereka bertugas memonitor infrastruktur TIK pada masing-masing perangkat daerah. Hal tersebut guna memaksimalkan juga fungsi data center terutama data pada Command Center nantinya," katanya.

Lanjutnya, data yang dikelola dari setiap perangkat daerah nantinya akan terintegrasi melalui satu pintu yakni oleh Diskominfo Kabupaten Tangerang melalui data center tersebut.

"Nantinya pengelolaan keamanan data ini juga akan dipantau langsung oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)," tuturnya.

Selain itu, Nono menuturkan pembentukan tim CSIRT juga merupakan salah satu faktor untuk meningkatkan nilai sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) di Kabupaten Tangerang yang dilaksanakan setahun satu kali oleh Kementerian PanRB.

Ia berharap dengan dibentuknya tim CSIRT ini nantinya dapat meningkatkan proteksi data agar dapat meminimalisir serangan siber dalam pemerintahan daerah.

Sumber : https://tangerangkab.go.id/detail-konten/show-berita/5875

Comments